City of Thousand Smiles

BPK Bangka Belitung Apresiasi Pemkot Menangani Pandemi Covid-19

0

Pangkalpinang, Diskominfo – Ketua BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ida Farida mengapresiasi penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Hasil pemeriksaan kinerja penanganan Covid-19 di bidang kesehatan pada Pemerintah Kota Pangkalpinang menunjukkan adanya capaian positif dalam penanganan pandemi Covid-19,” ungkap Ida dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Kinerja dan Kepatuhan atas Penanganan Pandemi Covid-19 Bidang Kesehatan TA 2020 di Auditorium BPK Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (22/12)

Beberapa poin yang menjadi apresiasi capaian positif Pemerintah Kota Pangkalpinang diantaranya, pertama, telah menyediakan laboratorium jejaring pemeriksaan Covid-19 yang dapat ditempuh dalam waktu 1×24 jam, serta menyediakan sumber daya dan melakukan upaya pengambilan serta pengiriman spesimen secara memadai.

Pemkot juga telah melakukan upaya penemuan kasus secara pasif untuk setiap kunjungan pasien dengan gejala influenza di puskesmas secara memadai.

Kemudian menyediakan sembilan ruangan isolasi bertekanan negatif dan delapan ruangan isolasi natural air flow di rumah sakit RSUD Depati Hamzah yang menjadi rujukan untuk penanganan Covid-19. Serta telah melakukan upaya sosialisasi pengenalan Covid-19 dan promosi kesehatan secara memadai

Namun menurut Ida, masih terdapat beberapa hal yang menjadi kelemahan atau permasalahan dalam pemeriksaan yang dilakukan, diantaranya upaya dalam penemuan kasus secara aktif melalui pelacakan kontak belum optimal, antara lain belum adanya skenario transmisi dan strategi penemuan kasus. Belum memiliki strategi manajemen klinis untuk pelayanan kesehatan yang optimal di fasilitas pelayanan kesehatan.

Dan belum optimalnya dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga pesan kunci perjalanan ke luar rumah belum mampu mengubah perilaku masyarakat. (Bagja)

Sumber:Β 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis:Β 
Bagja
Fotografer:Β 
Bagja
Editor:Β 
Ira
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page