City of Thousand Smiles

Diharapkan Tidak Terjadi Pembangunan Liar di Sempadan Sungai Jerambeh Gantung

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Ketua Forum Daerah Aliran Sungai (Fordas) Bangka Belitung, Fadillah Sabri menyarankan agar tidak terjadi pembangunan liar di sempadan sungai kawasan Jembatan Jerambeh Gantung di Kelurahan Jerambah Gantung, Kecamatan Gabek.

“Saya titip kepada pak Wali Kota Pangkalpinang dan Bupati Bangka agar wilayah sempadan sungai sekitar jembatan tidak menjadi kawasan kumuh,” ucap Fadillah, Rabu (3/3/2021).

Pria yang juga menjabat Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Bangka Belitung ini menerangkan, sungai-sungai di perkotaan jika terjadi pembiaran pembangunan liar yang tidak tertata, akan berdampak tidak hanya kepada kawasan sempadan sungai tetapi juga menjadi perkampungan kumuh.

Ia juga mengingatkan agar seluruh masyarakat mempunyai komitmen tidak melakukan pengrusakan di area sempadan sungai dan memperhatikan fungsi serta kelestariannya.

“Sebelum hal tersebut terjadi, saya berharap ada Perwako (Peraturan Wali Kota) yang mengaturnya,” tegasnya.

Peraturan ini dapat berisi aturan yang tidak mengizinkan semua pihak embangun di kawasan sempadan sungai Jerambeh Gantung. Menurut dia, dengan adanya jembatan tersebut diharapkan masyarakat Kota Pangkalpinang dapat manfaatkan fungsinya. Baik dari segi ekonomi, transportasi, pendidikan, pariwisata maupun ekosistem yang ada di sekitar jembatan serta tidak menjadikan keberadaan jembatan ini sebagai suatu isu yang tidak memberikan manfaat bagi kepentingan masyarakat. (Eka)

Sumber: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: Eka
Fotografer: Eka
Editor: Ira | Zulfahmi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page