City of Thousand Smiles

PKK Pangkalpinang Gandeng Dispaper Adakan Lomba Cipta Menu Pangan Lokal untuk Kurangi Stunting

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – 11 Kelurahan dari empat kecamatan di Kota Pangkalpinang mengikuti lomba cipta menu B2SA berbasis pangan lokal di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (26/10/2022).

Lomba yang diikuti kader PKK dari 11 kelurahan lokus stunting ini bertujuan memacu kreativitas para kader untuk meningkatkan menu baru yang seimbang dan bergizi dengan pangan lokal untuk mengurangi stunting di Pangkalpinang.

Asisten Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Subekti mengatakan kasus stunting perlu menjadi perhatian, meski pun Pangkalpinang sedikit angka stunting namun pengentasan pengkerdilan pada anak ini merupakan program nasional yang harus didukung dan tuntaskan.

“Kasus di Pangkalpinang memang sedikit, tapi salah satu tujuan lomba ini untuk meningkatkan kreativitas mengolah pangan lokal yang bergizi dan seimbang,” kata Bekti.

Menang atau kalah, menurut dia merupakan hal yang biasa, paling penting adalah kreativitas dan punya rasa yang pas dilidah.

“Tiap tahun lebih ditingkatkan. Belajar bisa dimana saja, lewat Youtube juga bisa. Yang dilihat itu bahan bakunya harus selektif, tetap bergizi dan seimbang,” ucapnya.

Ketua Pokja III PKK Pangkalpinang, Raymunda menuturkan PKK bersama instansi terkait berupaya menuntaskan program stunting salah satunya dengan sosialisasi maupun perlombaan seperti yang dilakukan hari ini.

Menurutnya, peran ibu sebagai anggota keluarga sangat besar pengaruhnya dalam menyajikan makanan keluarga. Oleh sebab itu pengaturan pentingnya pangan yang bergizi, seimbang dan aman perlu disampaikan pada setiap keluarga yang ada di sekitar kita.

“Kami berharap lomba ini dapat memacu kreativitas kader meningkatkan menu bergizi dan seimbang untuk mengurangi stunting,” ujar Raymunda dalam sambutannya mewakili Ketua TP PKK dan Ketua Bidang III yang berhalangan hadir.

Menu yang disajikan berupa lunch box untuk remaja putri usia 16-18 tahun. Porsi 30 persen dalam keseluruhan per hari. Adapun pemenang lomba, sebagai berikut :

Juara I Kelurahan Bukit Besar
Juara II Kelurahan Batin Tikal
Juara III Kelurahan Kacang Pedang
Juara IV Kelurahan Batu Intan.

Penulis : Ira/Ima

Foto : Fely

Editor : Dedy/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.