City of Thousand Smiles

Penuhi Hak Terdata Setiap Warga Negara, BPS Pangkalpinang Masifkan Regsosek Bagi ABK Hingga Tunawisma

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Dalam rangka memenuhi hak terdata setiap warga negara, Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pangkalpinang bersama tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dinas Sosial serta Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang gelar Pendataan Registrasi Sosial dan Ekonomi (Regsosek) tahun 2022 bagi Anak Buah Kapal (ABK) hingga tunawisma di Kota Pangkalpinang, Sabtu malam (29/10/2022).

Berdasar keterangan petugas lapangan Diskominfo Kota Pangkalpinang dari pelabuhan Pangkalbalam, Jubar menyebut terdapat 14 orang ABK berhasil didata tim gabungan yang dibantu KP3 Pangkalbalam, KSOP, Satuan Polairud, dan Pelindo. Disisi lain, tim gabungan juga menyusuri sudut-sudut Kota Pangkalpinang untuk mendata tunawisma atau orang yang tidak memiliki tempat tinggal yang stabil dan layak.

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toto Haryanto Silitonga, S.Si, M.Eng yang turut membersamai pendataan tersebut menyebut pada prinsipnya BPS akan menyusuri wilayah yang bukan merupakan tempat tinggal. Seperti tunawisma yang tidak bertempat tinggal seperti keluarga pada umumnya dan anak buah kapal yang berbendera Indonesia yang tidak memiliki tempat tinggal.

“Misalnya dia orang Makassar tapi lagi berlabuh disini, misalnya juga dia tinggal di pasar-pasar yang tidak memiliki rumah tetap. Ini menunjukkan bahwa kita mendata seluruh penduduk, jadi memang Regsosek itu pendataan seluruh penduduk baik yang bersifat formal maupun informal. Itu yang kita lakukan malam ini, disebut malam Regsosek”, ujar Toto saat diwawancarai.

Toto berharap pihaknya berhasil mendata seluruh penduduk tanpa ada yang tertinggal. Walaupun mungkin, tambah Toto, penduduk tersebut dianggap informal atau tidak tercatat di RT dan kelurahan, inilah wujud pihaknya berupaya untuk mendata semua.

Ditempat yang sama, Kepala BPS Kota Pangkalpinang, Ir. Ahmad Thamrim bersyukur pada kesempatan kali ini BPS Pangkalpinang dapat berkolaborasi dengan berbagai lembaga atau instansi lainnya sesuai dengan prosinya masing-masing. Thamrin berharap malam Regsosek dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan perencanaan.

“Alhamdulillah pada kesempatan ini, malam Regsosek ini BPS Pangkalpinang sudah berkolaborasi sama KSOP, Pelindo, Satpol PP, Dinas Sosial dan Diskominfo Pangkalpinang sesuai dengan porsinya masing-masing. Misalnya dari Diskominfo sudah berperan dalam mensosialisasikan kegiatan ini, dari KSOP juga malam ini sudah menyiapkan infrastrukturnya dilapangan, mudah-mudahan malam ini berjalan lancar, cuaca juga bersahabat”, ungkap Thamrin.

Thamrin tegaskan semua personil yang menjadi tim gabungan dalam keadaan siap untuk mendata di malam Regsosek. Thamrin juga turut serta turun kelapangan membersamai tim pencacahan tunawisma dan anak buah kapal. Terdapat delapan titik yang menjadi tempat pencacahan tunawisma berdasarkan arahan dari Dinas Sosial Kota Pangkalpinang.

“Dari Pemerintah Daerah, pak Molen mengharapkan pendataan ini sukses, mudah-mudahan dengan kesibukan beliau juga hari ini bisa berjalan lancar, harapan kami tentunya tunawisma yang akan kami cacah di Kota Pangkalpinang ini akan kami data sesuai dengan SOP dari jam sembilan malam ini sampai jam enam pagi, mudah-mudahan berjalan lancar”, tukasnya.

Penulis : Ari/Sheila

Foto : Jubar

Editor : Ari/Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.