City of Thousand Smiles

Masyarakat Antusias dan Tunjukkan Kreativitas Ikuti Lomba TTG dari Dinas P3AKB Pangkalpinang

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty, mengatakan selama dua hari penilaian lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) pihaknya melihat potensi ide masyarakat yang sangat kreatif serta antusias terhadap kegiatan yang diselenggarakan melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Rabu (31/3/2021) di Jalan Melangir, Kelurahan Bukit Merapin.

Menurut Eti, dari semua peserta yang mengikuti lomba, inovasi alat yang mereka ciptakan memenuhi kriteria utama penilaian yaitu bermanfaat bagi masyarakat.

“Ide-idenya kreatif. Ini menunjukkan masyarakat kita termotivasi (juara) melalui lomba TTG ini, walau pun inovasi yang diciptakan masih home industri,” ungkap ketua tim juri lomba TTG ini.

ASN yang pernah menjabat Kepala Dinas Pendidikan ini mencontohkan alat penggulung tali plastik di Girimaya. Dia mengatakan alat yang diciptakan tersebut dapat mengurangi ketergantungan dari daerah lain di luar Bangka Belitung. Begitu pula hal nya dengan alat mesin pencacah multiguna/ powerful mini chopper machine dan mesin pompa sirkulasi air bak/ kolam ikan multiguna, semuanya sangat menginspirasi menurut pendapat Eti.

“Saya pikir tali rafia yang saya tahu selama ini dikirim dari daerah luar Babel. Ternyata di kita ada seseorang yang usahanya gulung rafia dan dijual di toko-toko. Ini sangat menginspirasi sekali,” katanya

Sesuai pelaksanaan lomba, pihaknya akan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar bekerjasama memfasilitasi masukan peserta lomba untuk menjadikan inovasi-inovasi alat yang mereka ciptakan menjadi produk unggulan Pangkalpinang.

“Kita akan sampaikan dulu kepada pimpinan (Wali Kota), mencari format ideal dalam menentukan bentuk kerjasama dan perangkat daerah mana yang sesuai untuk membantu. Kami tindak lanjuti,” tutupnya. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Zulfahmi/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page