City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Hadiri Peluncuran Aplikasi SIMBG, Dukung Tranparansi Layanan Publik

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Asisten Administrasi Umum Setda Kota Pangkalpinang Erwandy menghadiri peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) yang diselenggarakan Kementerian PUPR secara virtual, Jumat(30/7/2021)

Direktur Jendral Cipta Kerja, Diana Kusumastuti mengatakan pemerintah daerah kedepannya diharuskan menggunakan aplikasi SIMBG ini sesuai Peraturan Pemerintah nomor 16 tahun 2021 untuk proses penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).

“Standar dokumen sama dengan wilayah se-Indonesia,” jelasnya.

Dia menambahkan, SIMBG ini dapat mendukung upaya kemudahan transparansi peningkatan layanan publik jadi lebih baik. Dulunya, kata Diana, memerlukan wajtu proses satu hingga dua bulan. Kedepannya bisa dipersingkat dan dengan aplikasi ini diharapkan adanya percepatan. Lanjutnya, SIMBG dapat mendukung peningkatan usaha dan iklim investasi yang pada akhirnya mampu menjadi salah satu pondasi tumbuh dan tangguh.

“Diharapkan kepada pemerintah daerah dapat menerapkan pelayanan penyelenggaraan SIMBG, tentu kedepannya akan terus ada pengembangan aplikasi ini akan terus dilakukan untuk pelayanan publik lebih baik,” ucapnya. (reza/Pio)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Reza/Pio

Fotografer : Reza

Editor : Ira/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.