City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Safari Ramadan 1442 Hijriah ke 11 Masjid

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar safari Ramadan 1442 Hijriah ke 11 masjid. Pelaksanaan safari ramadan dengan protokol kesehatan ketat akan dimonitori Sekda Radmida Dawam beserta gugus tugas Covid-19.

Kepala Bagian Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Haris Munandar mengatakan safari yang dilakukan untuk membina dan silaturahim dengan pengurus masjid maupun masyarakat serta memantau pelaksanaan ibadah di masjid tersebut.

Haris menuturkan, pemkot memperbolehkan pelaksanaan salat tarawih di masjid. Namun jemaah harus menaati protokol kesehatan dan membawa alas salat masing-masing. Jumlah jemaah juga dibatasi 50 persen dari kapasitas masjid.

“Ibadah salat tarawih dan id tetap dibolehkan namun tetap melaksanakan dan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat mengingat masih dimasa pandemi,” jelas Haris ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/4/2021).

Izin salat ini mengacu pada Surat Edaran nomor 03 tahun 2021 tentang panduan ibadah Ramadan dan Idulfitri tahun 2021 yang disahkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

“Kegiatan ibadah selama Ramadan dan Idulfitri kita batasi kapasitasnya sehingga bisa diatur berjarak. Seluruh karpet dan sajadah digulung. Jemaah harus membawa sajadah masing-masing dan wajib menggunakan masker, ” lanjutnya.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan salat di luar rumah tetap mematuhi protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, berwudu, menggunakan masker yang benar dan menjaga jarak serta harus membawa perlengkapan salat masing-masing.

Berikut 11 masjid yang dikunjungi untuk pelaksanaan safari Ramadan 1442 Hijriah:
1. Masjid Al-Mukarromah, Kecamatan Gerunggang
2. Masjid Jannatul Ma’wa, Kecamatan Gerunggang
3. Masjid Syuhada Bukit Sari, Kecamatan Gerunggang
4. Mushala Al Istiqomah, Kecamatan Gerunggang
5. Masjid Al Badar, Kecamatan Gabek
6. Yayasan Darul Anwar (Masjid Al Hidayah), Kelurahan Gabek I
7. Yayasan Al Iman (Masjid Al Iman), Kecamatan Bukit Intan
8. Masjid Jami Al Ihsan, Kecamatan Pangkalbalam
9. Mushalla Mamba’us Salam, Kelurahan Sriwijaya
10. Masjid Raudhatul Jannah, Kelurahan Air Itam
11. Yayasan Miftahul Huda (Masjid Syuhada’), Kelurahan Pasir Putih. (Eka)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : Eka

Editor : Zulfahmi / Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page