City of Thousand Smiles

Hadiri Pencanangan WBBM Kejari Pangkalpinang, Molen : Instansi Pelayan Publik Tingkatkan Integritas

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, perubahan cepat dalam perkembangan majunya pelayanan publik yang semakin baik dan terbuka, menuntut instansi pelayan publik berbenah dengan meningkatkan integritas dan sinergitas. Hal ini disampaikannya saat memberikan sambutan acara pencanangan pembangunan zona integritas Kejaksaan Negeri Pangkalpinang menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Rabu (7/4/2021).

Menurut Molen, sapaan akrabnya, dalam kondisi saat ini perubahan dalam pelayanan masyarakat yang lebih baik, menjadi kewajiban pemerintah beserta steakholder pemangku kepentingan untuk melaksanakan pelayanan publik secara terbuka dengan integritas dan sinergitas antar instansi.

“Semua itu memerlukan sinergitas, integritas unsur pelaksana. Yang terlihat hari ini, masyarakat disyiarkan terkait pelayanan. Masyarakat diajak ikut serta sekaligus mengontrol kita,” kata Molen.

Menurut wali kota yang pernah menjadi ASN ini, instansi pemerintah termasuk Forkopimda tidak dapat bermain-main melayani masyarakat, karena tuntutan kondisi sudah sangat terbuka. Diperlukan tiga kerangka sinergitas dalam melaksanakan keterbukaan pelayanan publik.

“Menurut saya tiga hal ini masyarakat, komitmen serta role model dalam suatu kerangka sinergitas, unsur-unsur yang terlibat itu yang sangat diperlukan. Yang penting sinergi dari kita semua,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Molen juga menyampaikan laporan perkembangan Mall Pelayanan Publik di Pangkalpinang. Dirinya menerangkan dari beberapa kota di Indonesia, Pemerintah Kota Pangkalpinang menjadinsatu diantara pemerintah daerah yang mendapatkan persetujuan dengan melakukan penandatanganan MoU (penandatanganan kerja sama) dengan Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo.

“Kita masih menunggu restu dari Bank Sumsel Babel, untuk dapat menggunakan salah satu lantainya agar bisa kita gunakan dan resmikan. Semua pelayanan dari seluruh instansi dalam satu atap, Mall Pelayanan Publik,” ungkap pria yang pernah menjabat sebagai PJ Bupati Ogan Komering Ulu ini

Dalam kegiatan Pencanangan Pembangunan zona integritas Kejaksaan Negeri Pangkalpinang menuju WBBM yang digelar di halaman Kantor Kejaksaan Negeri tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang beserta Asisten, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kepulauan Bangka Belitung serta instansi terkait. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Zulfahmi/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page