City of Thousand Smiles

Sepekan Jelang Ramadan, Harga Bahan Kebutuhan Pokok Stabil

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Sepekaan jelang Puasa Ramadan, harga bahan kebutuhan pokok di Pangkalpinang masih stabil. Begitu pun dengan stok ketersediaannya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Kalau untuk stok pangan masih mencukupi mulai dari beras dan kebutuhan pokok lainnya tidak ada kelangkaan. Menipisnya stok bahan pangan nasional dan daerah yang bisa menyebabkan kenaikan harga bahan pangan. Bisa juga berdasarkan faktor cuaca dan kelancaran distribusi mengingat kota kita bukan penghasil,” tutur Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/4/2021).

Dia mengatakan, pengawasan kelangkaan maupun ketersediaan bahan pokok akan dipantau Satuan Tugas (Satgas) Pangan Kota maupun Provinsi. Satgas juga akan memberikan tindakan tegas mulai dari pencabutan izin distributor hingga tindak pidana bagi oknum yang melakukan penumpukan barang sehingga menyebabkan harga melambung tinggi.

“Satgas pangan akan berkoordinasi dengan lintas ketahanan pangan, pengendalian bulog dan kepolisian nantinya akan turun menindaklanjuti hal tersebut dengan mengadakan operasi pasar jika terdapat permainan,” lanjutnya.

Donal mengimbau masyarakat tidak panic buying dan menumpuk barang yang berakibat pada kenaikan harga. Pihaknya memastikan stok bahan pangan akan mencukupi hingga menjelang lebaran. (Eka)

Berikut sejumlah harga kebutuhan pokok di Pasar Ratu Tunggal:
1. Beras merk 118 – Rp11.500 per kilogram
2. Beras merk TR – Rp 15.500 per kilogram
3. Minyak merk Fortune – Rp 15700
4. Cabai merah biasa – Rp 45.000
5. Cabai rawit merah – Rp 87 500
6. Telur ayam kampung – Rp 60.000
7. Telur ayam broiler – Rp24.000
8. Daging sapi murni – Rp 125.000
9. Daging ayam broiler – Rp36.500.Β  (Eka)

 

Sumber :Β Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : Eka

Editor : Ira/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page