City of Thousand Smiles

Kelurahan Gabek I Unggulkan Kampung Hijau pada Lomba BBGRM

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3AKB) Kota Pangkalpinang mengadakan lomba Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Selasa (6/4/2021).

Tiga kelurahan yang menjadi lokasi pelaksaan lomba yakni Kelurahan Bacang, Ketapang dan Gabek I. Tim juri sebagai penilai lomba berasal dari OPD di lingkup Pemerintah Kota Pangkalpinang meliputi Dinas PPPAKB, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi, Umkm dan Perdagangan serta Dinas Lingkungan Hidup.

Pada Kelurahan Gabek I, Kampung hijau RT 007/RW 003 menjadi kawasan unggulan sebagai kegiatan gotong royong dibidang ekonomi.

“Kami sampaikan tadi dari aspek ekonomi yang kami giatkan kepada dewan juri, kami tidak ada koperasi tapi membuat ekonomi kami tumbuh dengan adanya mandiri pangan,” ujar Lurah Gabek I, Rakhmad Kavin.

Kegiatan gotong royong dalam bidang sosial agama, mereka mengunggulkan rumah tahfiz di RT 004 yang dibangun swadaya oleh warga.

“Kita punya rumah tahfiz di sini tempat orang belajar menghafal Al-Qur’an. Mulai dari bangunnya sampai pengisiannya mereka gotong royong karena merasa butuh dengan ilmu agama mereka bangun,” ungkapnya.

Ketua RT 007 Muhammad Guntur menyatakan, lebih dari 20 rumah sekitar lima bulan terakhir sudah memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur hidroponik.

“Menanam hidroponik menggunakan pipa digantung di pagar rumah dengan kondisi covid justru merasa untung. Ada kangkung, pak coy, sawi merah, selada. Apa saja yang bisa ditanam di pekarangan rumah dan sekarang sudah panen,” kata Guntur.

Kedepan mereka akan memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah warga dan proses menanam buah-buahan sudah mulai berjalan. (Seftia)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Seftia

Fotografer : Seftia

Editor : Zulfahmi/Ira

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page