City of Thousand Smiles

Peserta Sebut Lomba TTG Beri Inspirasi dan Ciptakan Inovasi

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pangkalpinang memberikan inspirasi dan motivasi bagi warga Kota Pangkalpinang.

Menurut Abdul Malik, salah seorang warga Kelurahan Ampui menyebutkan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang difasilitasi Bidang Pemberdayaan Masyarakat ini dapat memacu dirinya beserta warga lain untuk berfikir kreatif dalam menciptakan inovasi yang berguna bagi masyarakat.

Abdul Malik yang juga menjabat Ketua RW 01 Kelurahan Ampui mengakui, melalui lomba TTG ini dirinya mendukung serta menciptakan alat berupa mesin pompa sirkulasi air bak/ kolam ikan multiguna. Dari satu mesin pompa air listrik, pompa sirkulasi air bak/kolam ikan multiguna yang dibuat Malik dapat berfungsi sebagai alat dengan multiplier effect atau efek pengganda.

Menurut dia, mesin yang diciptakannya ini selain berfungsi sebagai sirkulasi air ikan di bak, bisa juga menjadi alat yang berguna sebagai saluran pembuangan, alat penghasil oksigen, pembuat arus dan sisa makanan dan kotoran ikan dapat disalurkan melalui mesin tersrbut untuk disiramkan ke tanaman yang ada di kebun yang berguna sebagai pupuk alami.

“Yang penting alat ini dapat berguna untuk masyarakat,” jelasnya

Sementara itu Lurah Ampui Haryuda Putra, menyambut positif diadakannya lomba Teknologi Tepat Guna. Menurutnya selain dapat memotivasi warga dalam berkreasi, hasil dari ciptaan warga nanti dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Dari paparan pak Malik mudah-mudahan kita bisa mendapatkan hasil terbaik (juara). Yang lebih penting alat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” Pungkasnya. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Zulfahmi/Ira

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page