City of Thousand Smiles

Diskominfo Pangkalpinang Ikuti Sosialisasi Virtual Rencana Kerja Satu Data Indonesia

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang mengikuti sosialisasi rencana kerja Satu Data Indonesia virtual yang dilaksanakan Kementrian BPN/Bappenas Pusat, Senin (22/2/2021).

Satu Data Indonesia berperan strategis mendukung upaya pemerintah terhadap pengembangan sektor digital serta mengoptimalkan usaha produktif bagi kemajuan Indonesia. Hal ini dinyatakan Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoafra.

“Data memegang peranan strategis sebagai dasar perencanaan pelaksanaan evaluasi, dan pengendalian pembangunan sehingga koordinasi pengelolaan data melalui forum Satu Data Indonesia perlu digaungkan kembali keseluruh pemangku kepentingan,” ungkap Suharso.

Dia menyampaikan, kebijakan Satu Data Indonesia memiliki peran penting dalam mengatur tata kelola pemerintah agar layanan digital dapat didukung melalui data dan informasi yang berkualitas sehingga mewujudkan perumusan kebijakan yang berdasarkan data dan fakta.

Suharso mengatakan percepatan penyelenggaraan satu data adalah kunci dalam mensukseskan transformasi digital dan menjadi penyokong pemerintah dalam menyelesaikan isu strategis.

“Transformasi digital yang digalang pemerintah menjadi angin segar sekaligus jalan keluar mengatasi pandemi karena dapat membantu kerja secara efektif, efisien serta tidak membatasi produktivitas ditengah keterbatasan interaksi dan mobilitas,” ujarnya.

Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, Pengendalian Pembangunan, Kementerian PPN/Bapenas, Taufik Hanafi menyebutkan kunci keberhasilan pelaksanaan satu data adalah kesamaan pemahaman. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dari seluruh stakeholder satu data indonesia baik ditingkat pusat maupun daerah agar masukan dan rencana kerja yg disusun bisa dieksekusi bersama melalui pemahaman yg sama. (Eka)

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Eka
Fotografer: 
Eka
Editor: 
Ira | Zulfahmi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page