City of Thousand Smiles

Pemerintah Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional dengan Sejumlah Program Bantuan

0

Pangkalpinang-Diskominfo :

Pelaku UMKM dapat memperoleh Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM) yang diluncurkan pada Agustus 2020 lalu. Hal ini merupakan upaya yang ditempuh pemerintah untuk mengembangkan dan meningkatkan usaha para pelaku, sehingga program ini dapat memulihkan kembali ekonomi masyarakat ditengah pandemi Covid-19.

Melalui bantuan ini, pelaku UMKM dengan sasaran pengusaha mikro yang belum tersentuh layanan perbankan, dapat mengembangkan usahanya dengan memanfaatkan bantuan yang diterima. Disisi lain pemerintah terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat, juga memulihkan perekonomian dengan sejumlah program-program yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Disamping bantuan bagi pelaku UMKM, pemerintah juga terus mendorong pemulihan ekonomi dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp 695,2 triliun.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, kami berharap bahwa sisa anggaran PEN bisa kita serap semua. Minimal Rp 100 triliun bisa kita salurkan dikuartal IV 2020,” ujar Ketua Satuan Tugas PEN KCPPEN, Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan pada Rabu (4/11/2020).

Hingga 2 November kemarin, proses realisasi program ini sudah mencapai Rp 366,86 triliun atay 52,8 persen dari total anggaran. Pemerintah berharap dapat memaksimalkan penyaluran program PEN untuk mendukung pergerakan ekonomi masyarajat dan sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

Sumber:Β Kementrian Kominfo

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page