City of Thousand Smiles

Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Budaya 2022

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO — Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang menggelar pelatihan pemandu wisata, Rabu (19/10/2022), di Sun Hotel Kota Pangkalpinang.

Sebagai pemandu wisata, 40 peserta ini dilatih sebagai ujung tombak dalam meningkatkan sektor pariwisata yang ada di Kota Pangkalpinang.

Pelatihan ini juga turut mengundang sejarahwan, Erfian yang juga menjabat sebagai Sekretaris Sekwan sebagai narasumber.

Asisten Ekonomi, Roy Suryo meminta kepada seluruh pemandu wisata untuk dapat mengambil ilmu dari pelatihan ini, terutama soal sejarah dan budaya agar dapat diperkenalkan kepada pariwisata saat berkunjung ke Kota Pangkalpinang.

Beliau mengungkapkan, Kota Pangkalpinang sangat membutuhkan pemandu wisata sebagai mediator mengatur perjalanan wisata, sehingga pemandu wisata di Kota Pangkalpinang diperlukan keahlian kredibitas yang dibuktikan melalui sertfikat profesi dari Dinas Pariwisata.

“Pemandu wisatawan bukan hanya memberikan informasi yang akan dikunjungi, akan tetapi pemandu berperan sebagai pemimpin wisatawan dan pemandu agar berjalan lancar terarah,” ucapnya.

Ia berharap, melalui pelatihan ini, pemandu wisata dapat bekal keahlian dan memahami sejarah, mulai dari budaya hingga kulinernya sehingga dapat diperkenalkan kepada para wisatawan.

Muhammad Yamin selaku Kepala Dinas Pariwisata mengatakan, lewat pelatihan ini, tentu tercipta pemandu wisata yang berkualitas yang dapat memuaskan para wisatawan.

Pemandu wisata sendiri, kata Yamin, berfungsi sebagai informasi center, artinya dengan tugas berat ini, mereka sudah harus memiliki sertifikasi kompetensi sehingga bisa diberdayakan pemerintah sebagai pemandu wisata Kota Pangkalpinang.

“Pemandu Wisata ini merupakan profesi yang unik karena bisa dibayar tinggi, contoh saja di Bali. ini menandakan profesi ini dapat membuka peluang kerja untuk masyarakat kita,” terangnya.

Dirinya berharap seluruh peserta pelatihan dapat menjadi agen guna mewujudkan kebijakan pemerintah Kota Pangkalpinang dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Setelah ini kami akan bekerja sama dengan Himpunan Travel Igen untuk memberdayakan para pemandu wisata Kota Pangkalpinang,” pungkasnya.

Penulis : Benny/Seftia

Foto : Benny

Editor : Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.