City of Thousand Smiles

Kejar Program Kota Pangkalpinang Tanpa Kumuh, Pemkot Bersama SMKN 2 Gelar Pelatihan Vokasi Pengelolahan Sampah

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Kota Pangkalpinang menggelar pelatihan vokasi pengelolaan persampahan program Kota Pangkalpinang tanpa kumuh tahun 2022.

Dipaparkan dalam kesempatan itu, pengelolaan sampah merupakan kegiatan yang sistematis, menyeluruh dan berkesinambungan yang meliputi pengurangan dan penanganan sampah. Pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.

Penyelenggaraan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) 3R merupakan salah satu pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat.

Dalam pelatihan ini, penyelenggaraan TPS 3R diarahkan kepada konsep mengurangi, serta menggunakan kembali sampah daur ulang yang dilakukan untuk mengurangi kuantitas dan/atau memperbaiki karakteristik sampah, yang akan diolah secara lebih lanjut di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)sampah.

Dengan begitu, TPS3 3R diharapkan berperan dalam meminimalisir kebutuhan lahan yang semakin kritis untuk penyediaan TPA sampah di Kota Pangkalpinang. Hal ini sejalan dengan kebijakan nasional, untuk meletakkan TPA sampah pada hirarki terbawah, sehingga meminimasi residu saja untuk diurug dalam TPA sampah. TPS 3R diharapkan dapat mendukung ketercapaian target pengurangan dan penanganan sampah.

Oleh karena itu, dalam upaya mendukung pelaksanaan kegiatan Infrastruktur Livelihood Berbasis Kawasan (ILBK), program Kotaku melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah dengan orientasi pada pengembangan TPS 3R Kelurahan Selindung, maka sebagai upaya peningkatan kapasitas pemerintah daerah, pengelola dan masyarakat, didukung dengan kegiatan pelatihan vokasi pengelolaan persampahan yang lebih memperbanyak praktek langsung dalam pengelolaan sampah organik maupun anorganik.

Miarka Risdawati S.T.,M.Si. selaku kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Bangka Belitung, mengapresiasi SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang yang telah berkenan menjadi mitra dalam penyelenggaraan pelatihan vokasi baik pelatihan pengelolaan persampahan maupun pelatihan pemeliharaan kegiatan infrastruktur skala kawasan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan serta para narasumber dan peserta yang telah hadir dalam upaya kerja keras mengembangkan TPS 3R Kelurahan Selindung kedepannya.

“Ini sangat bermanfaat, dengan ini lelatihan vokasi lengelolaan persampahan Kota Pangkalpinang tahun 2022 saya resmikan. Semoga selalu diberikan kesehatan dan kelancarannya dan ilmu bermanfaat dapat segera diimplementasikan,” ucapnya.

Sementara, Erika Handoko, ST,.M.Si selaku Kepala Kabid Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Bappeda dan Litbang Daerah Kota Pangkalpinang mengatakan, pengelolaan sampah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan menjadikan sampah sumber daya masyarakat ekonomi bagi daerah, sampah merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) jika bisa dimaksimalkan pengelolaannya.

“Agar maksimal, kita sosialisakan bagaimana masyarakat sadaruntuk mengolah sampah kedepannya. Memang persoalan dilapangan salah satunya soal anggaran dan teknologi pengolahan sampah yang belum memadai. Namun dengan adanya kegiatan ini merupakan suatu pembinaan pengelolaan sampah warga di masing-masing tempat,” sebutnya.

Ia menyampaikan, sampah di Kota Pangkalpinang merupakan prioritas utama Pemerintah Kota Pangkalpinang. Hal ini merupakam investasi sampah yang dapat daur ulang.

“Misi wali kota menerapkan sampah adalah potensi ekonomi dalam pemberantasan kemiskinan yang ada Kota Pangkalpinang. Sampah merupakan nilai jual yang sangat ekonomis bagi ekonomi masyarakat ke bawah bisa mengumpul sampah sebanyak-banyak mungkin yang ada di TPS masing-masing,” pungkasnya.

Sebagai data, peserta pelatihan yang tampak hadir berjumlah 90 orang. dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kota Pangkalpinang. Kegiata dilaksanakan selama 2 sesi dengan sesi I digelar 30-31 agustus 2022, dilanjutkan sesi II pada 7-8 September 2022.

Sumber : Diskominfo Pangkalpinang

Penulis : Benny/Maya

Foto : Benny

Editor : Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.