City of Thousand Smiles

Ketua TP PKK Pangkalpinang Bahas Perkembangan UMKM Bersama Putera Ekowisata Bangka Belitung 2021

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang Monica Haprinda menjadi narasumber virtual bersama Putera Ekowisata Indonesia 2021 membahas perkembangan UMKM pada destinasi wisata melewati pandemi, Selasa (2/11/2021).

Monica menyebutkan saat ini yang dijual dari Bangka Belitung khususnya Pangkalpinang adalah jasa dan perdagangaan. Daya tarik pariwisata yang dijual pun seperti perhotelan serta kuliner.

“Kita jangan hanya mengandalkan timah. Banyak sekali potensi wisata kita yang tersembunyi. Tidak apa-apa kalau mainnya ke kabupaten yang ada di Pulau Bangka, tapi membeli oleh-oleh dan membeli jasa tetep ke Kota Pangkalpinang, ” tutur Monica.

Monica berbicara tentang program Natak UMKM yang membantu para pengusaha kuliner mengalami penurunan penjualan dimasa pandemi dengan cara promosi melalui media sosial secara gratis.

“Awalnya kami hanya ingin sharing makanan enak. Namun karena sering posting, banyak masyarakat mengirim pesan minta dipromosikan dan didatangi gerainya. Program ini juga bukan hanya untuk Kota Pangkalpinang, tetapi juga wilayah lainnya yang ada di Bangka Belitung, ” ujarnya.

Selain membuat UMKM diketahui oleh masayarakat luas, Monica menyebut Natak UMKM juga dapat membantu wisatawan ketika berkunjung ke Pangkalpinang hingga dapat membantu mendongkrak perekonomian dari jasa yang diberikan.

“Saya selalu berpesan kepada seluruh UMKM untuk terus berkreativitas dan menjaga kualitas agar usahanya terus bertahan dimasa pandemi seperti sekarang ini, ” jelasnya.

Selain itu juga, Monica berpesan kepada muda-mudi yang ingin memulai wirausaha agar tetap bersemangat. Menurutnya tidak ada pekerjaan yang tidak memiliki rksiko dan yang bertahan adalah orang yang tidak mudah menyerah.

“Buanglah rasa dak kawa nyusah dan harus mempunyai semangat yang tinggi, ambisius, berdaya juang dan berdaya saing. Kita harus tanami mindset tidak akan ada yang bisa menolong kita, selain diri kita sendiri. Banyak orang yang mempunyai usaha, tetapi orang yang sukses adalah yang memiliki tekad kuat dan berani ambil resiko, ” tutupnya.(Eka)

Caption.
Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang Monica Haprinda menjadi narasumber virtual bersama Putera Ekowisata Indonesia membahas perkembangan UMKM pada destinasi wisata melewati pandemi, Selasa (2/11/2021).

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : Eka

Editor : Ira/Zulfahmi

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.