City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Ikuti RTDI dan RKCI Virtual

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Pangkalpinang Syahrial menghadiri acara Riset Rating Transformasi Digital Indonesia ( RTDI ) dan Rating Kota Cerdas Indonesia ( RKCI ) dengan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin melalui zoom meeting, di ruang rapat kantor Wali Kota Pangkalpinang (2/8/2021).

Dalam sambutannya, K.H MA’ruf Amin menyampaikan apresiasi kepada Institut Teknologi Bandung ( ITB ) yang telah memberikan kontribusinya melalui karya inovasi sebagai bentuk sumbangsih intelektual bagi kemajuan informasi digital di Tanah Air, khususnya terkait digitalisasi tata kelola kota di Indonesia.

Seiring dengan pertumbuhan penduduk pemerintah dihadapkan berbagai permasalahan dan tantangan baik ekonomi, pendidikan, sosial, pelayanan publik, kebencanaan, energi, dan lingkungan hingga permasalahan kesehatan.

Ma’ruf Amin menambahkan di tengah pandemi yang melanda hampir semua negara di dunia, mengalami pukulan ekonomi dan sosial yang membuat banyak aktivitas harus diundur bahkan dinyatakan berhenti, misalnya Olimpiade Tokyo tahun 2020 yang ditunda tahun ini, sekolah dan kuliah yang diubah menjadi sistem daring serta berbagai acara pemerintahan yang saat ini dilakukan secara daring.

“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa transformasi digital merupakan salah satu program yang menjadi prioritas pemerintah untuk mendukung pembangunan berbagai bidang di Indonesia sesuai dengan arahan presiden melalui lima agenda percepatan nasional ,” katanya.

Dia juga menjelaskan lima agenda percepatan nasional yakni penuntasan pembangunan infrastruktur internet berkecepatan tinggi di daerah yang belum terjangkau. Membangun pusat data nasional. Pembangunan SDM dalam bidang digital. Penguatan ekosistem digital penyelesaian legislasi primer pendukung yang mampu mendorong aklerasi nasional. (coy/Seftia)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Coy/Seftia

Fotografer : Coy

Editor : Ira/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.