City of Thousand Smiles

Dindikbud Adakan Kegiatan Pelestarian Kesenian Tradisional

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Asisten Administrasi Umum Setda Kota Pangkalpinang, Erwandy mengatakan langkah pelestarian kesenian tradisional perlu dilakukan agar nilai budaya positif yang diwariskan leluhur tidak luntur dan sirna oleh pengaruh budaya luar yang sedikitnya dapat mengubur budaya melayu di Kota Pangkalpinang.

“Ini dapat menyebabkan kita pada hilangnya jati diri. Bukan berarti kita menutup diri terhadap pergaulan global yang dinamis, melainkan sikap kita selaku pemegang tongkat estafet terhadap amanah generasi terdahulu untuk diteruskan pada generasi masa kini dan masa depan, ” tutur Erwandy saat menghadiri kegiatan pelestarian kesenian tradisional dengan tema β€œpenguatan materi dambus sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional dalam menumbuhkan kecintaan budaya lokal di masyarakat Kota Pangkalpinang yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kota Pangkalpinang, Selasa (6/4/2021).

Erwandy mengapresiasi dan mengharapkan kegiatan pelestarian kesenian tradisional yang diadakan di Fox Haris Hotel ini dapat menumbuhkan semangat dan memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai budaya yang ada.

“Ini adalah upaya untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya yang tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat Kota Pangkalpinang, ” pungkasnya.

Dia menambahkan, masyarakat patut bersyukur dengan pengkajian, pengembangan serta pengaktualisasi seni budaya. Ini merupakan metode penangkal yang efektif untuk menjadi filter agar tidak kehilangan identitas diri sebagai pewaris budaya melayu. (Eka)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : Eka

Editor : Zulfahmi/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page