City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Berkomitmen Mencapai Pengarusutamaan Gender

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan pemerintah kota serius dalam pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) sehingga berharap memiliki kesempatan besar mendapatkan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Hal ini disampaikan Molen-panggilan akrab Wali Kota- saat memberikan sambutan dalam acara Verifikasi Lapangan dalam rangka penghargaan APE pada Kamis (1/4/2021) di Ruang pertemuan Bappeda Kota Pangkalpinang.

“Sebelum ini pun kami berupaya dua tahun lebih saya walikota, saya ingin kota Pangkalpinang komitmen terhadap pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, perlindungan anak. Data-data yang kami sampaikan tidak dibuat-buat hanya untuk berupaya mendapatkan penghargaan ini,” ungkap pria yang akrab disapa Molen saat memberikan sambutan dalam kegiatan verifikasi lapangan penghargaan APE, Kamis (1/4/2021) di ruang pertemuan Bappeda dan Litbang.

Keseriusan pemkot juga ditunjukkan dengan menghadirkan seluruh OPD maupun kecamatan dalam proses verifikasi lapangan yang dilakukan secara daring melalui zoom meeting.

Senada juga dikatakan Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam, yang menyebutkan kepada tim verifikator komitmen pemkot dalam PUG sudah terlihat dengan menunjuk sekda perempuan.

Selain itu pemkot juga sudah memiliki Peraturan Daerah (Perda) nomor 9 tahun 2020 tentang pengarusutamaan gender sebagai landasan membuat program-program yang responsif gender.Pemkot juga memasukkan kebijakan responsif gender di dalam RPJMD yang terlihat dari sumber daya dan anggaran untuk percepatan arus pengutamaan gender.

“Kota Pangkalpinang sudah memenuhi tujuh syarat PUG, memayungi program percepatan strategi dalam pencapaian pengarusutamaan gender untuk mencapai penyetaraan gender dengan berbagai kebijakan komitmen,” jelas sekda. (Seftia)

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis : Seftia
Fotografer : Seftia
Editor : Zulfahmi/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page