City of Thousand Smiles

Ustaz Firdaus Isi Khotbah Jumat, Ingatkan Agar Masjid Jadi Tempat yang Ramah Anak

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Ustaz Firdaus mengisi khotbah Jumat di Masjid Baitul Makmur, Kecamatan Girimaya, Jumat (26/3/2021). Khotbah yang disampaikan yakni menciptakan masjid ramah anak.

Menurut Ustaz Firdaus, setiap orang tua tentunya berharap agar anak-anak mereka menjadi orang yang saleh dan shalihah serta bermanfaat bagi bangsa dan negara. Anak-anak juga lah yang nantinya mengirimkan doa kepada kedua orang tuanya ketika sudah meninggal dunia.

“Dalam Q.S Ibrahim Ayat 37, Ya Tuhan sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati. Ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. Ayat ini menunjukkan kepada kita semua, salah satu rahasia untuk memiliki keturunan yang saleh dan salihah Β maka kita harus dekatkan anak cucu kita dengan masjid,” jelas Ustaz Firdaus.

Dia melanjutkan, ada hukum yang mengatur membawa anak-anak ke masjid saat mereka sudah dapat membedakan hal yang baik dan buruk, atau ketika mereka telah mumayyiz. Namun tidak dipungkiri Ustaz Firdauz, masih ada masjid yang belum ramah terhadap anak dengan menempelkan tulisan larangan masuk bagi anak-anak di pintu masjid.

“Betapa pentingnya menciptakan masjid yang ramah anak,” katanya.

Ustaz Firdaus menuturkan, perlu melibatkan banyak pihak seperti pengurus masjid, jamaah dan para orang tua yang berperan dan bertanggung jawab sehingga mewujudkan masjid ramah anak.

“Kepada pengurus masjid, kita harus memanajemen saf anak-anak. Caranya dapat meletakkan saf khusus anak-anak, bisa juga memasukkan anak- anak di saf selang seling diantara orang dewasa. Pengurus masjid juga bisa membuat zona bermain untuk anak-anak di masjid, karena kita harus tahu bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Belajar pun mereka dengan bermain, begitu pun dengan beribadah. Insyallah jika itu diterapkan maka orangtua dapat khusyuk melaksanakan salat”, jabarnya.

Memberi nasihat pada anak pun, kata Ustaz Firdaus, harus disampaikan dengan baik dan lembut.

“Tidak pernah Rasullullah memarahi anak-anak di dalam masjid. Justru Rasulullah memberikan nasihat yang baik,” lanjutnya.

Dia berpesan kepada orang tua agar memberi edukasi pada anak mengenai adab di dalam masjid, sehingga bukan hanya semangat mengajak tetapi memberikan pemahaman mengenai cara berperilaku di rumah ibadah tersebut.

“Dan juga jangan pernah kita berharap anak kita mencintai masjid jika bapaknya sendiri jarang pergi ke masjid,” tutur Ustaz Firdaus. (reza/pio)

Sumber:Β 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis:Β 
Reza | Pio
Fotografer:
Reza
Editor:Β 
Zulfahmi | Ira
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page