City of Thousand Smiles

Dengan Vaksinasi: Keluarga Sehat, Produktivitas Meningkat

0

Pangkalpinang, Diskominfo – Istilah mencegah lebih baik dari mengobati, memang lebih baik dilakukan apalagi terhadap datangnya penyakit.  Upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan dengan vaksinasi. Dengan hadirnya vaksin, pemerintah berharap tidak hanya menurunkan angka kesakitan tapi juga kasus kematian.

 

Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes, dr. H. Mohamad Subuh, MPPM mengatakan  vaksinasi merupakan upaya pencegahan yang spesifik atas suatu penyakit. Bila vaksinasi berhasil dilakukan, maka individu sehat, keluarga sehat, tatanan masyarakat sehat, maka produktivitas akan meningkat. Pemerintah berharap dapat melindungi masyarakat.

 

“Pemerintah harapannya dapat melindungi masyarakat secara utuh, meningkatkan produktivitas dan pendapatan serta kesejahteraan. Kalau dalam bahasa ekonominya,  mencegah lebih murah daripada mengobati. Ilmu ekonomi yang masuk dalam bidang kesehatan adalah suatu tuntunan untuk bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah-masalah kesehatan secara efektif dan efisien,” jelas dr. Subuh dalam Dialog Produktif dengan tema ‘Vaksinasi: Pencegahan vs Pengobatan’ yang diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di Media Center KPCPEN, Selasa (1/12/2020).

 

Dia mengatakan, dengan tubuh yang sehat dan produktif meningkat, pendapatan masyarakat juga akan meningkat. Tentunya berpengaruh pada pendapatan negara yang juga akan meningkat. Dokter Subuh menuturkan, Indonesia akan menjadi negara yang sehat bukan hanya secara jasmani tetapi juga sehat secara finansial dan bisa memberikan pelayanan yang maksimal. Pemulihan kesehatan dan ekonomi, kata dr. Subuh saat ini tidak hanya focus pada individu-individu, tetapi juga pada entitas usaha.

 

“Jika semua dapat  berdaya dan bisa menjaga diri dengan melakukan budaya 3M, maka pemulihan ekonomi Indonesia, bahkan seluruh dunia tidak akan sulit,” tuturnya.

 

Dia mengimbau agar setiap warga negara Indonesia tetap melakukan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan dan Menjaga jarak aman) dengan tertib dan disiplin tinggi. Vaksinasi bukan saja upaya melindungi diri sendiri dari penyakit, tapi juga melindungi orang lain. Jika individu sehat, keluarga sehat, tatanan masyarakat sehat maka produktivitas akan meningkat dan ekonomi akan pulih.

 

 

Sumber: Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN)
Penulis:
Fotografer:
Editor:
Leave A Reply

Your email address will not be published.