City of Thousand Smiles

Pemkot Hadiri Sosialisasi 4 Pilar MPR RI

0

Pemerintah Kota Pangkalpinang menghadiri Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gagas oleh Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) melalui Zoom meeting, Senin (14/9/20) di ruang pertemuan lantai 1 Kantor Walikota Pangkalpinang.

Hadir dalam pertemuan zoom meeting ini, ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan ketua umum APEKSI Airin Rachmi Diany, sementara perwakilan Kota Pangkalpinang di ikuti oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Suparyono,  Kepala Bappeda, Kepala Bagian Pemerintahan serta Bagian Protokol dan Komunikasi pimpinan.

Bambang Soesatyo dalam sosialisasi ini memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah atau kota diseluruh Indonesia yang telah bekerja keras dalam menghadapi Covid 19 ini.

Dirinya mengharapkan agar pemerintah daerah atau kota seluruh Indonesia dapat mensejahterakan masyarakat dan mewujudkan pemberdayaan daerah atau kota diwilayah masing–masing dengan bergotong royong untuk menghadapi Covid-19 yang sejalan dengan misi MPR RI dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI.

Menurut Bambang, mengingat Negara Indonesia merupakan negara kesatuan dengan keberagaman dan karatakteristik, maka hal ini membutuhkan kearifan local dari masing–masing Pemerintahan Daerah agar setiap dalam kebijakan dan implementasinya disesuaikan dengan kebudayaan lokal.

Memperhatikan prinsip – prinsip demokrasi dan tidak menyimpang dari tujuan nasional dan prinsip Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan UUD 1945 jelas Bambang.

Bambang juga menjelaskan jumlah penduduk perkotaan di Indonesia yang melonjak di akibatkan oleh urbanisasi, sehingga menyebabkan terjadinya kepadatan penduduk dan bangunan yang harus dikurangi dengan dibangunnya titik – titik pertumbuhan ekonomi baru diwilayah pedesaan.

Untuk itu diharapkan pemerintah daerah dapat menjalankan fungsi dan wewenang dengan baik.

Sedangkan Airin dalam sambuatannya berharap agar penerapan 4 Pilar MPR RI ini bisa ditanamkan pada setiap jenjang pendidikan dari PAUD hingga SMA mengingat pentingnya 4 pilar ini, agar nilai-nilai ideologi Pancasila tidak tergeser seiring dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini.

Mengingat perkembangan wilayah Kota lebih cepat dibandingkan dengan wilayah kabupaten, sehingga dirinya mengajak wali kota seluruh Indonesia yang hadir untuk terus mengembangkan wilayahnya dengan tetap berdasarkan 4 pilar MPR RI.

Hal ini mengingat pentingnya 4 pilar tersebut untuk menjaga jati diri bangsa dan persatuan dan kesatuan. Dimana wilayah perkotaan lebih rentan masuknya budaya-budaya dan prilaku masyarakat yang menyimpang, serta hal-hal lainnya yang bertentangan dengan ideologi Pancasila bila dibandingkan dengan wilayah kabupaten mengingat keberagaman masyarakatnya.

Sosialisasi pun diakhiri dengan dokumentasi dan penandatanganan MOU oleh ketua MPR RI Bambang Soesatyo dengan Ketua Umum Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) Airin Rachmi Diany .

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page