City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Gelar Sosialisasi SPBE, Siap Sambut Era Digital

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO — Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan sosialisasi SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik) di Ruang Pertemuan OR Kantor Wali Kota, Kamis (3/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Plt. Kepala Diskominfo Kota Pangkalpinang, Febri Yanto mengatakan ada fokus Diskominfo pada 2023 nanti, yaitu pelaksanaan SPBE dan pengalihan belanja internet dari masing-masing OPD dan UPTD ke Diskominfo.

“Sebenarnya terpenting nantinya belanja internet dari masing-masing OPD dan UPTD ke Diskominfo agar satu pintu, ujar Febry.

Ia menerangkan, komunikasi dan koordinasi sangat dibutuhkan sehingga perlunya koneksi internet di setiap OPD. Apalagi masa kini, kehadiran SDM seperti IT juga sangat diperlukan.

“Di masa sekarang ini, kita tidak bisa lagi menolak perubahan dan kita harus menyesuaikan keadaan. Kita harus segera menerima perubahan di dunia digital atau IT seperti ini,” ucap Febry.

Untuk program SPBE sendiri secara nasional, kata Febri, sudah ditetapkan dari pemerintah pusat berdasarkan Perpres nomor 95 tahun 2018.

“untuk Pemkot Pangkalpinang, sudah menetapkan Perda nomor 4 tahun 2022 yang disahkan pada Februari kemarin. Hari ini kita baru masuk tahap sosialisasi dan setelah ini kawan-kawan bidang e-government akan menindaklanjuti pembuatan Perwako terkait SPBE di Kota Pangkalpinang,” tutur Febri.

Febri juga memberi contoh kecil perwujudan dari SPBE yaitu TTE (Tanda Tangan Elektronik).

“Jadi, rasanya malu kalau kita belum punya akun TTE tersebut, rasanya jadul sekali,” ungkapnya.

Febry menekankan, TTE ini tidak keluar atau tidak terverifikasi oleh Badan Siber Sandi Negara apabila tidak diusulkan oleh Diskominfi setempat. Maka dari itu, ia mengajak masing-masing OPD untuk mengajukan akun TTE dengan mengusulkan ke Diskominfo agar diverifikasi terkait SPBE.

Sementara Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Pangkalpinang, Ahmad Subekti mengajak semua untuk jangan berhenti belajar.

“Yang mau Pangkalpinang ini seperti apa ya tergantung kita, untuk itu kita jangan sampai tertinggal. Mari sama-sama belajar dengan terus meningkatkan kualitas masing-masing. Yang jelas kita butuh internet kalau tidak ada internet sulit untuk berkembang di zaman sekarang,” pungkasnya.

Penulis : Coy/Maya

Foto : Jubar

Editor : Dedy

Leave A Reply

Your email address will not be published.