City of Thousand Smiles

Diskominfo Kabupaten/Kota se-Bangka Belitung Ikuti Rakortek Permasalahan Isu Stategis

0

 

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang menghadiri Rapat Koordonasi Teknis (Rakortek) Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung bersama Kabupaten/Kota di Kantor Diskominfo Kabupaten Bangka, Senin (24/7/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka membahas nota kesepakatan hasil rekapitulasi rakortek terkait permasalahan isu strategis pada urusan komunikasi dan informatika, statistik, hingga persandian. Hal ini guna menyambut pelaksanaan Rapat Koordinasi Gubernur Pemerintah Provinsi Bangka Belitung pada Kamis (28/7/2022) mendatang.

Pj Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaludin menyebut hasil rakor teknis bertema “Startegi Pemulihan Ekonomi Daerah dan Sinergitas Pengendalian Inflasi Menuju Masa Endemi” yang telah disetujui nantinya akan disusun menjadi draf kesepakatan dan rencana aksi (raksi) positif yang diharapkan mampu memberi manfaat bagi masyarakat.

“Semoga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat, sehingga masyarakat dapat berupaya meningkatkan ekonomi mereka hingga kesejeahteraan, ” ungkap Ridwan saat membuka kegiatan secara virtual.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Bangka Belitung, Sudarman yang mengharapkan agar rakortek tersebut nantinya dapat menghasilkan sesuatu yang baik.

Sebagai penyedia layanan informasi, Sudarman menyebut Diskominfo harus menjadi sarana dan peasarana yang cepat dan tepat bagi masyarakat dalam memberikan pelayanan atau informasi. Hal ini disebutkanya guna mencegah penyebaran informasi yang tidak berdasarkan fakta dan data.

Oleh karenanya dia meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk selalu bersinergi bersama Diskominfo dalam menciptakan pelayanan informasi yang cepat dan tepat sehingga mampu memberikan pemahaman informasi yang baik bagi masyarakat.

“Kami informasikan bahwa saat bertemu Pj Gubernur, beliau juga berharap agar kita harus beradu cepat dengan pemberitaan yang kadang kala beritanya tidak berdasarkan fakta/hoaks. Kita harus lebih cepat melakukan perang media. Oleh karenanya kita diskominfo harus kerja sama dengan OPD yang lain. Saya pikir Diskominfo sekarang bukan OPD yang berdiri sendiri tapi mensupport semua kegiatan, ” jelas Sudarman.

Terkait permasalahan isu strategis, Pemerintah Provinsi menyampaikan beberapa hal diantaranya isu strategis mengenai indeks SPBE yakni terkait desain kebijakan, desain tata kelola, desain manajemen dan dan desain layanan.

Isu stategis lainnya yakni jaringan intra pemerintah belum menjangkau seluruh OPD/kantor/UPT, kemudian masih terdapat beberapa titik yang berlum terjangkau internet, belum menjangkau seluruh desa (blankspot), dan belum semua lokasi wisata terhubung layanan internet.

Sumber : Diskominfo Pangkalpinang

Penulis : Eka

Foto : Eka

Editor : Dedy/Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.