City of Thousand Smiles

Sekda Pangkalpinang Sebut Digitalisasi Pariwisata dan Ekraf Jadi Kunci Hadapi Covid-19

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengatakan dalam menghadapi Covid-19, digitalisasi yang dilakukan oleh para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sebuah kunci atau key factors dalam meyakinkan rasa aman wisatawan lokal dan domestik, sehingga berdampak pada meningkatnya volume kunjungan dan lama berkunjung wisatawan di Pangkalpinang.

“Pendekatan teknologi (informasi dan komunikasi) sangat membantu industri pariwisata dan ekonomi kreatif (ekraf) di tengah dampak pandemi Covid yang sangat memukul industri ini,” kata Radmida saat membuka Pelatihan Digitalisasi: Branding, Pemasaran dan Penjualan pada Desa Wisata, Homestay/Pondok Wisata, Kuliner, Souvenir, Fotografi Kota Pangkalpinang di Hotel Bangka City, Selasa (26/10/2021).

Menurutnha iovasi transformasi digital dalam industri pariwisata menghasilkan banyak peluang yang dapat dioptimalkan oleh berbagai pihak, baik swasta maupun pemerintah. Adanya pandemi Covid-19 kembali mengingatkan bahwa digitalisasi bisa sangat berperan untuk membangkitkan sektor pariwisata dan ekraf.

Dengan melakukan adaptasi di masa pandemi melalui inovasi dibidang teknologi digital dan kolaborasi dengan mitra yang tepat, maka bisnis tetap berjalan, melakukan penjualan dan mendapatkan pemasukan.

Hal ini dilakukan sesuai dengan kebijakan yang berlaku, seperti reservasi, pembelian tiket dan pembayaran secara online untuk meminimalisir kontak fisik.

“Pemerintah maupun pelaku usaha dapat berkolaborasi dengan pihak swasta di bidang teknologi, seperti membuat atau memfasilitasi platform digital untuk marketplace maupun payment,” ungkap sekda wanita pertama di Bangka Belitung ini.

Dirinya berharap agar pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang dapat meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola destinasi serta daya tarik wisata agar dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung pemasaran pariwisata. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Ira/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.