City of Thousand Smiles

Kemenag Kota Pangkalpinang: “Dipicu Pandemi Covid-19, Keberangkatan 266 Jamaah Haji Kota Pangkalpinang Dibatalkan”

0

Pangkalpinang, Diskominfo. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim menegaskan pemberangkatan 266 jemaah haji asal kota Pangkalpinang tahun 2021 M/1442 H secara resmi dibatalkan. Selasa (15/6/2021).

Pembatalan keberangkatan jamaah haji ini dipicu oleh kondisi global pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia dan Arab Saudi.

Hal ini juga tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 660 tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

“Ini terkait dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Keselamatan jamaah diutamakan. Haji itu ibadah fisik yang orangnya datang dari seluruh negara, tentunya akan sulit melakukan social distancing, ” ujar Rohim saat ditemui di Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang

Ia menyebutkan pembatalan juga dikarenakan pemerintah Arab Saudi mengumumkan pelaksanaan haji hanya terbatas bagi penduduk setempat dengan kuota 60 ribu jamaah haji.

Meski mendapatkan respon kekecewaan dari masyarakat, menurutnya hal ini demi kepentingan bersama. Rohim juga mengungkapkan jemaah yang dibatalkan keberangkatannya pada tahun ini, pastinya akan diprioritaskan keberangkatannya pada tahun depan.

“Kami sudah berikan pernyataan resmi. Kecewa pasti ada, cuma kita maklumi. Secara psikologis kita disuruh bersabar. Mau berangkat haji harus punya modal sabar dan lapang dada, ” pungkasnya. (Eka)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Eka

Fotografer : Eka

Editor : Bagja/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.