City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Ikuti FGD Penyederhanaan Birokrasi di Lingkup Pemerintah Daerah

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandono mengikuti Focus Group Discussion (FGD) tentang penyederhanaan birokrasi pada jabatan administrasi di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (21/4/2021).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Biro Organisasi Setda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dibuka oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah.

Dalam Sambutannya orang nomor dua di provinsi ini menyampaikan dua hal yang sangat penting bagi pemerintah daerah ketika melaksanakan pekerjaannya dalam melakukan penataan penyederhanaan birokrasi bagi pemetaan jabatan dan ASN. Hal ini meliputi tempat untuk bekerja. Menurutnya tempat tersebut merupakan rumah dan organisasi yang memiliki tupoksi untuk mengetahui apa yang akan dikerjakan oleh ASN

“sehingga kita tahu apa yang menjadi tugas kita, apa yang menjadi fungsi kita, sejauh mana kewenangan kita dan apa yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Lanjutnya, setelah mengetahui tempat untuk bekerja, pemerintah daerah harus melakukan penempatan serta penataan terhadap ASN di Bangka Belitung yang tepat agar dapat melakukan pekerjaannya sesuai tupoksi dan kompetensi yang telah ditentukan.

Oleh karena itu Biro Organisasi mempunyai tugas untuk membuat kelas jabatan baru dan memetakannya serta melihat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang ASN untuk dapat menduduki dan masuk dalam suatu organisasi perangkat daerah. Penataan organisasi baru yang dilakukan telah sesuai dengan Perda Nomor 9 tahun 2020 tentang Pembentukan Dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Dan pada intinya saat ini pemerintah berada pada tataran penataan-penataan personil ASN, setelah sebelumnya melakukan penataan organisasi.

“Ini merupakan suatu kondisi yang dalam kesempatan ini (FGD) akan kita diskusikan dan kembangkan. Apakah de jure sesuai dengan de facto dan berjalan beriring?,” kata Fatah.

Acara yang diadakan di Ruang Rapat Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel dihadiri Kasubdit Wilayah II Direktorat Fasilitasi Perangkat Daerah, Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri, Rozi Beni sebagai narasumber kegiatan. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Ira/Zulfahmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page