City of Thousand Smiles

Diskominfo Pangkalpinang Berkunjung ke Belitung dan Belitung Timur, Bahas Implementasi Satu Data Indonesia

0

BELITUNG, DISKOMINFO – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pangkalpinang berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, Selasa (30/3/2021). Kunjungan dengan tujuan bertukar informasi mengenai implementasi Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia (SDI), diwakili oleh enam orang dari Diskominfo Pangkalpinang yakni Kepala Dinas Sarbini, Plt Kabid Persandian dan Statistik Nurhayati serta staf.

Kedatangan rombongan Diskominfo Pangkalpinang diterima langsung oleh Kabid Aplikasi Teknologi Informatika (Aptika) Diskominfo Kabupaten Belitung, Layla. Sedangkan di Diskominfo Belitung Timur disambut Kepala Dinas Gustaf Pilandra yang didampingi kabid dan stafnya.

Hasil dari kunjungan tersebut diperoleh lah untuk mewujudkan SDI, satu dari tantangannya yakni masih tingginya ego sektoral baik antar maupun inter Kementerian, Lembaga dan Daerah. Metadata, standar, data, konsep, definisi, satuan dan ukuran belum bisa dipadukan satu sama lain sehingga sulit berbagi pakai dalam bentuk data yang terpadu.

Selain itu, dirasakan masih ada pemangku kepentingan yang memandang data sebelah mata. Padahal persoalan dengan tingkat akurasi, kemutakhiran, kesulitan akses data menyebabkan banyak persoalan krusial. Misalnya pada data pemilih ketika Pemilu, data penduduk miskin saat menerima bantuan sosial dan sebagainya.

Namun pada Diskominfo Belitung maupun Belitung Timur memberanikan diri meluncurkan portal Belitung Satu Data dan Belitung Timur Satu Data meski di tengah adanya tantangan berat. Berkaca dari hal ini, Diskominfo Pangkalpinang juga akan segera meluncurkan portal Pangkalpinang Satu Data. (Sarbini)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Drs. Sarbini, M.T

Fotografer : Dokumen Sarbini

Editor : Zulfahmi/Ira

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page