City of Thousand Smiles

Bantu Hasil Panen Petani, Dinas Pangan dan Pertanian Akan Jual Takjil Pangan Lokal Saat Ramadan 1442 H

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pemerintah Kota Pangkalpinang melakukan beberapa upaya mengantisipasi kenaikan kebutuhan pangan menjelang puasa Ramadan 1442 Hijriah. Diantaranya Dinas Pangan dan Pertanian akan berjualan takjil pangan lokal.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pangan dan Pertanian Pangkalpinang, Yiyi Zilaida Dwitri menuturkan, pihaknya akan menjual takjil berbeda dari biasanya. Takjil pangan lokal yang dijual menggunakan bahan dasar singkong dan umbi-umbian serta sayuran. Penggunaan bahan dasar ini juga mendukung para petani menjual hasil panennya dan memudahkan masyarakat untuk memperolehnya.

“Rencana kami mulai minggu depan akan diadakan pasar tani. Biasanya setiap tahun kami adakan pada hari Jumat pekan kedua dan keempat. Namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19,” jelas Yiyi ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/3/2021).

Kegiatan ini juga dilaksanakan untuk membantu kelompok binaan dalam memasarkan hasil taninya. Selain itu memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan seperti sayur, cabai, hingga daun bawang.

“Fokus kami bagaimana rumah tangga bisa menyediakan bahan pangan dengan mudah. Contohnya, agar inflasi cabai tidak terlalu tinggi melalui PKK Kota dan Provinsi sudah kami bagikan hampir lebih dari seribu bibit cabai kualitas tinggi yang cepat tumbuh dan berbuah,” sambungnya.

Dia menuturkan, jelang puasa Ramadan harga bahan pangan diperkirakan naik. Namun pihaknya telah melakukan antisipasi sebelum kenaikan sehingga masyarakat tidak menjerit dengan harga tersebut.

“Kami juga merasa terbantu dengan adanya retail di Kota Pangkalpinang. Walupun bukan milik pemerintah, tapi retail seperti Indomaret dan Alfamart sangat membantu dalam menyediakan stok kebutuhan pangan,” tutupnya. (Eka)

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Eka
Fotografer: 
Eka
Editor: 
Ira
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page