City of Thousand Smiles

BMKG Pangkalpinang Perkirakan Curah Hujan Tinggi pada Maret-April Mendatang

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang memprediksi intensitas hujan cukup tinggi terjadi di wilayah Bangka Belitung pada Maret-April mendatang. Sedangkan Februari diperkirakan tidak terlalu tinggi.

Kasi Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji menuturkan, untuk wilayah Kota Pangkalpinang curah hujannya diatas 350-400 mm. Ditahun 2018 lalu, angka curah hujan ini bahkan menyentuh 620 mm air per bulan. Kurniaji menyebut, tentu kemungkinan cuaca ekstrem itu ada melihat angka curah hujan yang disampaikannya itu.

“Pulau Bangka itu ada zona musim 52,53 dan 54 kalau Belitung itu termasuk dalam kategori non musim. Di belitung itu tidak ada perbedaan jelas antara permulaan musim hujan dan kemarau, tiap tahun hujan,”  ucap Kurniaji, Kamis (28/1/2021).

Dia menambahkan, kondisi geografis Bangka Belitung yang dikelilingi perairan terkhusus Kota Pangkalpinang pastinya banyak warga yang bermatapencaharian sebagai nelayan. BMKG juga memberikan data cuaca kepada APSD dan kantor syahbandar.

“Untuk larangan melaut kami tidak punya kebijakan, tetapi ASDP dan syahbandar yang punya kebijakan untuk mengingatkan nelayan jika kondisi laut tidak memungkinkan untuk melaut,” katanya.

Kurniaji mentebut, informasi cuaca selalu disebarluaskan oleh pihaknya dalam waktu 24 jam baik melalui media sosial maupun 31 Whatsapp Group (WAG). (reza/pio)

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Reza | Pio
Fotografer: 
Reza
Editor: 
Zulfahmi | Ira
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page