City of Thousand Smiles

Dinas PUPR Kerahkan Ekskavator di Saluran Linggarjati untuk Tanggulangi Genangan Air

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Mengatasi genangan air saat hujan deras, Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas PUPR mengambil langkah cepat tanggap dengan mengerahkan ekskavator untuk mengangkat sampah dan sedimen serta menormalisasi di beberapa titik genangan.

Kasi Pemeliharaan SDA, Rony Andrika menuturkan ekskavator dikerahkan di saluran Linggarjati yang meliputi Kelurahan Bukit Merapin hingga kawasan Kampung Seberang dan Kelurahan Gedung Nasional pada Rabu, (27/01/2021). Adapun 15 truk rit pasir yang  yang telah diangkut dari saluran tersebut.

“Tentunya kegiatan ini adalah upaya pencegahan mengurangi adanya genangan air, dikarenakan intensitas curah hujan yang cukup tinggi di Kota Pangkalpinang, maka dengan ini kami bersama tim mengantisipasi akan terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti banjir dan permasalahan yang lain,” kata Rony.

Kegiatan sempat mengalami kendala karena lokasi jangkauan berada dekat rumah warga sehingga alat tersebut susah menjangkau. Namun, PUPR tetap berupaya bekerja dan bertindak cepat sesuai dengan visi mereka yakni mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selain itu, pada saluran Linggarjati pun sebelumnya telah dilakukan normalisasi pada Juni 2020 dan selama kurun waktu tujuh bulan, laju sedimentasi mencapai 50 cm. Pemkot mengimbau agar masyarakat selalu waspada di tengah kondisi cuaca saat ini. Juga mengajak masyarakat untuk ikut bekerja sama menjaga lingkungan agar tumpukan sampah tidak mengendap pada saluran yang menyebabkan terjadinya genangan. (Reza/Ira/pio)

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Ira | Reza | Pio
Fotografer: 
Dokumen Pemkot Pangkalpinang
Editor: 
Ira | Zulfahmi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page