City of Thousand Smiles

Pemkot Pangkalpinang Akan Aktifkan Kembali LPMP Sebagai Tempat Rujukan Isolasi Covid-19

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang melakukan rapat koordinasi dan konsolidasi yang dipimpin Wakil Gubernur Abdul Fatah terkait penanganan Covid-19 untuk segera mengambil langkah taktis, nyata, dan strategis guna menanggulangi peningkatan kasus dan penyebaran virus yang kini menjadikan Pangkalpinang sebagai zona merah.

Menanggapi hal tersebut mewakili Pemerintah Kota Pangkalpinang, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Suryo Kusbandono menyampaikan, sejak awal Januari 2021 pemkot telah berkoordinasi dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Kepulauan Bangka Belitung untuk dapat menggunakan lokasi dan bangunan asrama sebagai tempat isolasi warga Pangkalpinang.

“Tiga hari yang lalu, kita telah berkoordinasi dengan pihak LPMP, untuk membuka kembali tempat isolasi sebanyak 48 kamar,” jelas Suryo, Senin (4/1/2021).

Pemkot juga memiliki alat polymerase chain reaction (PCR) di RSUD Depati Hamzah yang merupakan bantuan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Suryo menyebut, saat ini tinggal menunggu reagen dari Pemerintah Pusat. PCR tersebyt berguna untuk mendiagnosis penyakit Covid-19, yaitu dengan mendeteksi material genetik virus Corona.

Selain itu, untuk mengatasi pagebluk Covid-19 ini melalui Dinas Kesehatan juga telah membangun dua Laboratorium Biosafety Level-2 (BSL-2) untuk mempercepat upaya pemkot melakukan pengujian Covid-19.

Sementra itu, Direktur RSUD Depati Hamzah dr Muhamad Fauzan menambahkan, BSL-2 dapat memutus waktu tunggu lamanya sampel yang dikirim ke Labkesda Provinsi yang membutuhkan waktu 10 hari.

“Selama 10 hari ini yang biasanya terjadi miskomunikasi. Untuk memutus mata rantai tersebut ada Laboratorium Biosafety Level-2 ,” terang Fauzan.

Satu dari Laboratorium Biosafety Level-2 yang ada di Dinkes juga berguna untuk melakukan screening pegawai pemerintah ataupun klaster perkantoran. (Bagja)

Sumber:Β 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis:Β 
Bagja
Fotografer:Β 
Bagja
Editor:Β 
Ira | Zulfahmi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page