City of Thousand Smiles

Wali Kota Minta Dispersip Ciptakan Perpustakaan Jadi Lingkungan Nyaman Baca

0

Pangkalpinang-Diskominfo :

Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil menyadari tingkat literasi di Kota Pangkalpinang belum tinggi saat memberikan pernyataan di Acara launching digital library dan pengukuhan bunda literasi Kota Pangkalpinang tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang pada Selasa (17/11/2020) di Halaman Kantor Dispersip Kota Pangkalpinang.

Molen berharap kehadiran digital library sumbangsih PT Angkasa Pura II ini dapat memperkaya khazanah perpustakaan Kota Pangkalpinang serta menarik masyarakat datang ke perpustakaan.

“Orang yang menguasai dunia, Baca. Bohong (bisa) pinter tanpa membaca,” ujar Molen.

Mantan Kepala Badan Perpustakaan Daerah Provinsi Sumsel ini mendorong Dispersip Kota Pangkalpinang membuat strategi menarik dalam pendekatan ke anak-anak muda Pangkalpinang.

Dengan cara membuka akses luas kepada masyarakat dan menciptakan lingkungan baca yang nyaman di perpustakaan.

“Gak usah yang terlalu ribet-ribet, buka akses lebar-lebar pakai kaca biar orang bisa lihat. Kalau perlu malem-malem saya izinkan ada kafe tambah sedikit musik, buka 24 jam,” imbau Molen.

Lebih lanjut Molen menyatakan bahwa perpustakaan adalah aset jika dikelola dengan baik dan akan memberikan hasil yang luar biasa.

“Ini lokasi strategis, sebentar lagi ada malioboro Pangkalpinang Babel, lokasinya di seputaran inilah. saya kasih peluang, belum ada di Indonesia ini Malioboro-nya ada kafe perpustakaan,” imbuh Molen lagi.

Hal yang serupa diungkapkan Bunda Literasi Kota Pangkalpinang Monica Haprinda Maulan Aklil yang dalam sambutannya mengatakan salah satu cara meningkatkan minat baca masyarakat dengan menciptakan lingkungan baca yang nyaman.

“Harus menciptakan tempat atau lingkungan baca yang nyaman, modern, dan asik. Kalau bisa ada kafe, kenapa, karena untuk menarik anak-anak muda membaca. Untuk perlu melihat dunia itu perlu membaca,” jelas Monica.

Kepala Dispersip Kota Pangkalpinang Agus Pendi juga berharap melalui kegiatan ini masyarakat menyadari perpustakaan kota sebagai tempat menarik untuk wisata bersama keluarga sehingga minat baca semakin meningkat.

 

Sumber: Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: Septia | Maya
Fotografer: Septia
Editor: Zulfahmi
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page