7 Cara Menjaga Privasi di WhatsApp, agar Data Kamu Lebih Terlindungi

WhatsApp adalah platform kirim pesan yang paling populer di dunia, dilansir dari Statista. Menurut Hootsuite di tahun 2019, 83 persen pengguna internet di Indonesia memilih WhatsApp sebagai aplikasi untuk mengirimkan pesan. Jika dihitung, sekitar 124 juta orang memiliki aplikasi tersebut di handphone mereka. 

Tidak banyak yang mengeluhkan fitur-fitur WhatsApp, terutama untuk keamanannya. Namun sebenarnya hal ini menjadi kontroversi, terutama di negara-negara Barat. Facebook, perusahaan induknya pernah mengalami gangguan kebocoran data pengguna. 

Orang-orang menganggap bahwa masalah tersebut bisa saja terjadi pada WhatsApp di kemudian hari. Jika kamu khawatir mengenai hal ini, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk melindungi privasimu di aplikasi chatting tersebut. Simak berikut ini.

1. Menonaktifkan last seen

Last seen pada WhatsApp adalah tanda kapan terakhir kali kamu membuka aplikasi tersebut. Secara default, fitur ini aktif sehingga orang lain dapat melihatnya dengan cara membuka chat room. Fitur ini dapat dinonaktifkan  jika kamu tidak mau orang lain heran kenapa kamu tidak segera membalas pesan mereka.

Untuk melakukannya di Android, kamu perlu mengklik tiga titik di bagian kanan atas dan pilih Settings. Untuk iOS, ketuk Settings yang ada di bagian bawah.

Pilih Account Privacy, kamu akan melihat opsi berlabel Last seen. Kamu tinggal mengubahnya dari Everyone menjadi My Contacts (hanya kontak di handphone-mu yang bisa melihat) atau Nobody (tidak ada yang bisa melihat). 

2. Menonaktifkan read receipts

 

wikihow.com

Read receipts adalah fitur yang bisa memberi tahu apakah pesan sudah dibaca oleh penerima atau belum. Dua centang abu-abu menandakan bahwa WhatsApp berhasil mengirim pesan. Sedangkan ketika centang menjadi biru, tandanya penerima sudah membuka pesan.

Jika tidak ingin diburu-buru orang lain untuk membalas pesan mereka, kamu bisa menonaktifkannya. Untuk melakukannya, pergi ke Settings Account Privacy. Di sana hapuslah centang Read receipts yang ada di bagian bawah.

Konsekuensinya, kamu juga tidak bisa melihat read receipts orang lain. Perlu diingat bahwa fitur ini tidak berlaku untuk obrolan grup.

3. Sembunyikan foto profil

makeuseof.com

Pernahkah kamu menerima pesan dari orang yang tidak dikenal? Jika tidak nyaman dengan kemungkinan bahwa mereka bisa melihat fotomu, kamu bisa menyembunyikannya.

Untuk mengubah pengaturannya, kamu bisa mengunjungi Settings Account Privacy. Setelah itu klik opsi Profile photo, kamu bisa menyetelnya menjadi EveryoneMy contacts, atau Nobody. Dengan menyembunyikannya, mereka hanya akan melihat foto default.

4. Mengatur pembagian status WhatsApp

maketecheasier.com

WhatsApp telah memperbarui fiturnya dan menambahkan fungsi pembagian status. Secara default, hanya orang-orang di kontakmu saja yang bisa melihat statusmu. Akan tetapi kamu bisa menjadi lebih selektif dan membatasi siapa yang mendapatkan hak istimewa tersebut.

Caranya adalah dengan mengunjungi Settings Account Privacy, kemudian pilih Status. Di sana kamu bisa memblokir atau menyeleksi kontak mana yang bisa mengakses statusmu.

5. Cek apakah kamu sedang membagikan lokasi lewat WhatsApp

spot.im

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk berbagi lokasi dengan kontak. Meskipun fitur ini berguna, kamu tentu tidak ingin secara tidak sengaja membagikan lokasimu secara real time selama berbulan-bulan.

Untungnya kamu memeriksanya. Pada menu Privacy, klik Live location entry. Di sana kamu akan melihat apakah kamu masih membagikan lokasimu dengan orang lain atau tidak. Jika iya, segera nonaktifkan. 

6. Sembunyikan pesan about

theandroidsoul.com

About berisi bio singkat yang muncul di bawah namamu. Kamu bisa menyembunyikannya dari orang lain yang bukan kontakmu. Untuk melakukannya, masuk lagi ke Privacy. Kemudian ketuk About dan pilihlah pengaturan sesuai dengan preferensimu. Apakah EveryoneMy contacts, atau Nobody.

7. Manfaatkan popup notification

bolana.in

Kamu bisa memanfaatkan popup notification yang ada di WhatsApp. Berbeda dengan sebelumnya, kamu justru sebaiknya mengaktifkan fitur ini. Sebab ketika ada pesan, kamu langsung bisa melihatnya melalui popup tanpa harus membuka pesan tersebut.

Untuk Android, kunjungi Settings Notifications. Pilih opsi Always show popup di bagian Popup notification. Kamu juga bisa memilih apakah popup akan muncul saat layar mati atau menyala.

Untuk iOS, kamu harus mengubah gaya notifikasimu. Buka Settings Notifications, lalu pilih In-App Notifications. Di sana ubahlah Alert Style menjadi Alerts

Dengan melakukan tips-tips di atas, kamu bisa mengakses WhatsApp tanpa diketahui oleh orang lain. Selamat mencoba!

Penulis: 
Izza Namira
Sumber: 
Berbagai sumber
Tags: 
7 Cara Menjaga Privasi di WhatsApp