City of Thousand Smiles

Berikut Pesan Forkopimda pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Tengah Pandemi Covid-19

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Asisten Administrasi Umum, Erwandy mewakili Wali Kota Pangkalpinang, bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pangkalpinang mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di ruang OR kantor Wali Kota Pangkalpinang, Jumat (1/10/2021).

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta, Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. Dihadiri oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden dan Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, serta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Berikut pesan moral pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dalam dua tahun pandemi Covid-19 di Pangkalpinang:

1. Asisten Administrasi Umum, Erwandy

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila bisa menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran kita dalam menegakkan NKRI. Memperingati hari ini bagian dari kita untuk mensyukuri bahwa kejadian penghianatan terhadap Pancasila dapat ditanggulangi. Sehingga hikmah positifnya hal-hal yang dapat mengganggu ideologi dalam bernegara dan NKRI dapat diantisipasi agar tidak terulang kembali.

Dengan herd immunity dari pencapaian vaksinasi telah mencapai lebih dari 60 persen atau sekitar 112.000 warga Pangkalpinang, kita telah on the track. Dengan masif pelaksanaan vaksinasi diharapkan 70 persen warga dapat tercapai. Ini juga didukung sinergitas bersama TNI-Polri.

Jadi kita optimis jika herd immunity ini sesuai target, maka semua sektor dapat berkembang dan berjalan, karena kondisi sudah safety untuk beraktifitas,”

2. Dandim 0413/Bangka, Kolonel Inf. Pujud Sudarmanto.

“Kita jangan sekali-kali melupakan sejarah. Bahwa pada tahun 1965 pernah terjadi kudeta yang dilakukan Komunis. Khusus warga Pangkalpinang hal nasionalisme ini harus dikembangkan lagi. Tetap cintai dan hargai jasa para pahlawan.

Terhadap Covid-19 sudah dua tahun kita masih berperang melawan pandemi. Saya mengimbau kepada masyarakat tingkatkan prokes dan lakukan vaksinasi. Itu semua untuk menciptakan herd immunity seperti petunjuk presiden supaya diakhir tahun sudah 70 persen bisa tercapai agar kita bisa beraktivitas normal seperti semula,”

3. Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono

“Kegiatan ini (Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila) tetap harus dilaksanakan sebagai pengingat khususnya bagi generasi muda. Mengingatkan Pancasila pernah dirongrong, namun sebagai ideologi negara tetap berdiri tegak. Wujud bahwa apabila dasar negara kita kuat maka negara pun akan kuat.

Terkait Covid- 19, saya berharap kepada masyarakat slogan herd immunity harus diikuti peran aktif oleh seluruh lapisan masyarakat. Karena kita harus bisa mencapai herd immunity diakhir bulan Oktober 70 persen,”

4. Ketua PN Pangkalpinang, Victor Togi Rumahorbo

“Kita bisa mengambil hikmah. Ini mengingatkan kita bagaimana pahlawan kita yang dulu berjuang mempertahankan Pancasila dan UUD 1945. Dangan adanya peringatan 1 Oktober, Kesaktian Pancasila, membuktikan kepada bangsa kita bahwa seberat apapun tantangan yang ada di depan kalau kita bersama-sama akan diberikan kemenangan.

Termasuk dalam menghadapi pandemi (Covid) ini termasuk sisi ekonominya, apabila kita hadapi dan berjuang bersama kita pasti bisa melalui masalah yang ada,” (Bagja)

Caption.
Asisten Administrasi Umum, Erwandy mewakili Wali Kota Pangkalpinang bersama Forkopimda Kota Pangkalpinang mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila secara virtual, di ruang OR kantor Wali Kota Pangkalpinang, Jumat (1/10/2021)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Ira/Zulfahmi

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.