City of Thousand Smiles

Lomba TTG Hari Kedua, Suarno Ciptakan Mesin Pencacah Atasi Masalah Tanpa Masalah

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Pelaksanaan lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) yang diadakan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pangkalpinang pada hari kedua diikuti peserta yang menciptakan inovasi alat multiguna berupa powerful mini chopper machine.

Alat multiguna yang diciptakan Suarno ini berupa mesin pencacah yang pertama di Bangka Belitung. Fungsinya mengatasi permasalahan sampah tanpa masalah. Sampah yang khususnya bekas kelapa muda, tebu serta tumbuhan-tumbuhan seperti ilalang dan rumput-rumputan.

“Saat ini banyak jenis mesin pencacah. Tapi belum ada mesin pencacah yang mampu mengolah sampah khusus es tebu dan es kelapa muda,” kata Suarno, Rabu (31/3/2021).

Dari mesin powerful mini chopper machine yang diciptakannya, Suarno berhasil memproduksi hasil olahan sampah dengan biaya yang murah menjadi pupuk, cocopeat media tanam, serta pakan ternak seperti sapi, kambing dan lele.

“Mesin yang saya buat sesuai siklus alam. Dari sampah diolah menjadi pakan ternak, kemudian kotoran ternak digunakan sebagai pupuk kelapa dan tebu begitu seterusnya. Alam untung, kita untung, lingkungan pun untung. Menyelesaikan masalah tanpa masalah,” ungkap guru SMK Negeri 2 Pangkalpinang ini.

Menurutnya alat ini juga dapat menjadi prototipe solusi persampahan di Kota Pangkalpinang, walaupun baru skala industri rumahan

“Masalah kebersihan sekarang hanya mengalihkan masalah. Numpuk sampah di kota numpuk di TPA, dan menjadi masalah lagi, karena tidak terurai,” ujarnya

Di Pangkalpinang sehari dapat menghasilkan satu truk sampah kelapa muda dan sampah tebu yang setara dengan delapan ton sampah organik. Jika dikalkulasi dengan kebutuhan pakan sapi, maka dapat menghidupkan 400 ekor sapi.

Suarno juga mengapresiasi lomba TTG ini, yang menurutnya dapat menantang inovasi dan menciptakan alat-alat yang dapat berguna bagi masyarakat dan lingkungannya yang berasal dari barang-barang yang ada di sekitar. (Bagja)

 

Sumber : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang

Penulis : Bagja

Fotografer : Bagja

Editor : Zulfahmi / Ira

Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page