City of Thousand Smiles

Ketua TP PKK dan Sekda Jadi Narasumber Talkshow Perempuan Hebat Nan Inspiratif

0

PANGKALPINANG, DISKOMINFO – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda Maulan Aklil dan Sekretaris Daerah, Radmida Dawam menjadi narasumber talkshow Perempuan – Perempuan Hebat dan Inspiratif Kota Pangkalpinang dengan tema “Optimalisasi Peran Perempuan dalam Pembangunan dan Peduli UMKM Dimasa Pndemi”. Acara yang diselenggarakan oleh pihak Pesona TV di  Tins Gallery & Boutique resto, Jumat (18/12/2020).

Monica mengatakan, sebagai Ketua TP PKK dirinya ingin membantu membangun Pangkalpinang melalui program-program organisasi. Terlebih PKK yang menjurus langsung ke masyarakat dan banyak pada aksi sosial, seperti UMKM dan memikirkan kesejahteraan wanita agar lebih mandiri.

“Kalau melalui Dekranasda juga lebih pada keterampilan dan kerajinan”, tutur Monica.

Dia mengisahkan, selagi di rumah yang memiliki lima orang anak, tentu harus pandai membagi waktu apalagi dengan kesibukan dan padatnya kegiatan yang dilakoninya. Bagi Monica, waktu untuk mengurus anak harus diluangkan dan tidak dapat dilupakan.

“Jika bisa pulang dan makan di rumah, saya usahakan untuk makan di rumah bersama”, katanya.

Berbicar mengenai UMKM, Monica mengaku sedih karena omset pelaku usaha tersebut turun dikala pandemi. Tapi membangkitkan UMKM bisa kita lakukan dengan promosi melalui media sosial.

“UMKM harus go digital, tak lupa kami juga membantu hampir 1000 tenda bergambar beribu senyuman yang bisa kita temui di jalan-jalan,” ujar Monica.

Sementara itu, Sekda Radmida Dawam mengisahkan selama mengemban jabatan sebagai sekteratisndaerah yang harus menbantu pimpinan dalam segi administrasibdan koordinir tiap OPD, tak lupa dia juga menjalankan tugas domestik serta selalu menyampaikan setiap kegiatannya kepada suami untuk didiskusikan.

Meski sibuk bekerja, Radmida menyebut, harus dapat membagi waktu, antara tugas ranah domestik dan publik.

“Tentu sebagai rumah tangga saya tak lupa. Alhamdulillah rumah saya dekat dengan kantor, kalau saya dan suami mau makan bareng bisa pulang ke rumah atau janjian di rumah makan mana”, jelasnya.

Begitu pun dengan Ketua Ikatan Istri Karyawan Timah (IIKT) Bidang Organisasi, Dina Rizki. Bagi dia selain menjalankan program pemerintah menuntaskan permasalahan stunting, di wilayah operasional timah semua bergerak melakukan kegiatan tersebut. Termasuk memberikan memberikan makanan bergizi dan mengadakan pengolahan sampah.

“Kami juga tak lupa untuk ajarkan kepada anak-anak untuk ciptakan gerakan Pangkalpinang bersih”, ucap Dina.

Menurutnya, pasa organisasi yang diikutinya, ada bidang pendidikan diantaranya termasuk bagian informal. Melalui bidang itu lah mereka mengajak ibu-ibu untuk bergerak dan beraktivitas.

“Saat ini kami ajak untuk ngerajut dan kemampuan mereka luar biasa jika diberikan kesempatan seperti ini,” katanya. (Reza/Diskominfo)

Sumber: 
Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Reza
Fotografer: 
Reza
Editor: 
Ira
Leave A Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page