INDAHNYA KOTA BERIBU SENYUMAN

Pangkalpinang-Diskominfo :

Sebagai ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kota Pangkalpinang sudah mulai memperlihatkan wajah cantiknya. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya  pernak-pernik baik itu lampu hias maupun bollard hingga taman maupun tempat bermain anak yang dibangun disepanjang sudut Kota Pangkalpinang.

Mempercantik  diri dengan beberapa perubahan yang sangat menonjol ini  dilakukan oleh pemerintah daerah selain agar tidak kalah dengan kabupaten lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terus berbenah mempercantik kotanya juga untuk menarik investor dari luar daerah.

Kota Pangkalpinang yang merupakan pintu gerbang masuknya para wisatawan ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya pulau Bangka, juga sudah sepantasnya sebagai kota tertua di Provinsi Bangka Belitung ini menjadi contoh bagi kabupaten lainnya.

Saat ini di sudut-sudut jalan bisa dilihat banyaknya bola-bola atau bollar dengan berbagai warna dan lampu-lampu yang cantik serta pohon-pohon yang rindang akan menambah cantiknya wajah Kota Pangkalpinang. Selain itu juga tampak kursi-kursi di sepanjang jalan untuk masyarakat maupun wisatawan lokal atau daerah lain sekedar duduk santai untuk menikmati pemandangan kota yang sudah lebih cantik dan ramah ini.

Tidak hanya itu saja, saat ini sudah ada beberapa taman di Kota Pangkalpinang yang dibangun, dengan leading sectornya untuk pertamanan saat ini adalah Dinas Perumahan dan Pemukiman khususnya di bidang pertamanan. Billy, selaku kabid pertamanan menyatakan bahwa Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Pangkalpinang telah membangun beberapa taman antara lain:

  • Taman Dealova  yang terletak di tampuk pinang pura Kelurahan Air Kepala Tujuh, Kecamatan Gerunggang. Di sana terdapat mak sahang, mini wall climbing, dan lampu berbentuk lengkungan yang sangat indah pada malam hari.
  • Taman Vertikal, yang lebih dikenal dengan nama Dino Park yang terletak di Jalan Ahmad Yani. Disana terdapat 3 buah patung dino, telur dino, lampu-lampu serta bunga-bunga vertikal yang menambah indahnya taman vertikal. Saat ini, taman ini yang paling ramai dikunjungi masyarakat mengajak anak-anaknya.
  • Taman Simpang Semabung yang terletak di simpang 4 lampu lalu lintas semabung. Di taman ini terdapat mural, lampu-lampu, kursi-kursi, dan bunga-bunga. Taman ini merupakan kolaborasi antara pemkot pangkalpinang dan pemprov Bangka Belitung.
  • Taman Median Pasar Induk, yang berada di pasar Induk jalan trem Kota Pangkalpinang. Saat ini sudah rapi dan bersih serta banyak bunga-bunga yang semakin menambah keindahannya.
  • Taman Kereto Sorong yang terletak di Jalan Len Listrik Lembawai Gabek. Di taman ini dibuat kereta sorong dan jembatan yang terlihat unik dan cantik.
  • Lampu-lampu disepanjang jalan merdeka hingga Wilhelmina park yang sangat indah dan menawan pada saat malam hari akan menambah indahnya kota pangkalpinang. Saat ini bisa dikatakan alun-alun taman merdeka dan sekitarnya yang terletak di kecamatan taman sari kota pangkalpinang merupakan pusatnya kota pangkalpinang.
  • Panggung Ekspresi PGK, yang terletak di sebelah Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang tepatnya dibelakang panggung Wilhelmina park. Panggung ini dibuat uantuk kawula muda sehingga bisa mengekspresikan diri dan kemampuan mereka untuk mengisi dan memunculkan ide-ide yang cemerlang untuk kemajuan Kota Pangkalpinang. Karena dengan mengikuti kegiatan yang positif maka kawula muda akan terhindar dari bahaya narkoba yang selalu mencari mangsa. Salah satunya dengan mengekspresikan diri.
  • Tribun Alun-alun Taman Merdeka
  • Taman Median Jalan yang terdapat disepanjang jalan dari jalan soekarno hatta hingga jalan jend sudirman. Ditengah-tengah lajur jalan terdapat bunga-bunga yang ditata di pot-pot.
  • Lampu Median Taman Kecamatan Girimaya. Apabila kita berjalan dari perbatasan Bangka tengah dan kota pangkalpinang, kita akan melihat di sela-sela taman median jalan terdapat lampu-lampu yang sangat indah yang terlihat pada malam hati.
  • Bollard yang merupakan street Furniture, pembatas antara pejalan kaki dan kendaraan bermotor. Bollard ini sendiri bertujuan untuk menjadikan kota pangkalpinang sebagai kota yang ramah terhadap pejalan kaki.
  • Tugu Tudung saji atau disebut juga sebagai tugu simpang 7 yang terletak di simpang 7 Kecamatan Taman Sari Kota Pangkalpinang. Tudung saji sendiri merupakan maskot Kota Pangkalpinang. Ditaman ini terdapat mural, bunga-bunga dan tugu tudung saji besar.

Selain yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang, masih ada lagi taman-taman yang instagramable yang merupakan bantuan (CSR) baik dari BUMN maupun BUMD yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diantaranya :

  • Taman kantor pos yang merupakan bantuan CSR dari PT Pelindo
  • Tugu Sinergi merupakan bantuan CSR dari HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) Babel.
  • Taman Lampu PEGEKA yang merupakan bantuan CSR Bank Indonesia (BI).
  • Panggung Utama (Main Stage), yang nantinya akan digunakan sebagai panggung untuk kegiatan-kegiatan ataupun event-event yang akan diselenggarakan di Kota Pangkalpinang khususnya di alun-alun taman merdeka yang merupakan bantuan CSR dari Bank Sumsel Babel

Pemerintah Kota Pangkalpinang sendiri saat ini sangat terbuka terhadap ide-ide , masukan, saran maupun kritik dari masyarakat. Hal ini telah menjadi komitmen dari Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang salah satunya dengan membuka kanal pengaduan melalui kegiatan jumat bahagia, yang diselenggarakan setiap hari jumat di kediaman Walikota Pangkalpinang. Dimana acaranya ini bersifat terbuka bagi masyarakat.

Untuk itu, kita selaku masyarakat sudah sepantasnya berterima kasih dan harus ikut serta menjaga dan merawat apa yang sudah dibangun oleh pemerintah demi mewujudkan Kota Pangkalpinang menjadi Kota Beribu Senyuman ( Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur).

Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Nova
Fotografer: 
Nova
Editor: 
Zulfahmi

Berita

Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti Vidio Confrence dengan Wakil Gubernur Riduan Fatah terkait ketersediaan pangan, Rabu (1/4/2020) di ruang Pertemuan Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang
01/04/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti vidio confrence bersama  Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah beserta...
Insert Photo : Apel Gabungan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan virus corona atau covid 19 di Kota Pangkalpinang, Selasa (31/3/2020) di Halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang
31/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Upaya pemerintah pusat untuk memutuskan mata rantai penularan virus corona atau covid-19 semakin gencar mengingat...
Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat terkait pencegahan virus corona dengan para pemuka agama di Kota Pangkalpinang, Kamis (26/3/2020) di Lantai 3 Gedung Tudungsaji Kantor Walikota Pangkalpinang.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19 ditengah masyarakat, Pemerintah Kota Pangkalpinang...
Insert Photo : Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menghadiri rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid 19, Kamis (26/3/2020)bertempat di lantai 2 (dua) Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menggelar rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam...
Insert Photo : Apel Siaga Terkait Penyuluhan Kepada Masyarakat dalam Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pangkalpinang, Senin (23/3/2020) di Halaman Polresta Kota Pangkalpinang
26/03/2020 | Beni
Pangkalpinang-Diskominfo:   Dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang merebak diberbagai daerah di...

Pages