Apa itu jaringan 5G?

Perkembangan zaman yang semakin pesat langsung berimbas pula terhadap dunia teknologi. Sebagai salah satu pilar utama dalam aktivitas sehari-hari, teknologi juga ikut berkembang demi memudahkan hidup bagi yang menggunakannya dengan baik dan tepat. Salah satu sektor teknologi yang terkena dampak positif dari inovasi para pelaku di dalamnya adalah telekomunikasi. Di Indonesia sendiri, sangat terasa perkembangan telekomunikasi yang semakin hari semakin memudahkan para penggunanya.

Dulu, semua hanya mengenal telepon umum dan juga telepon yang ada di rumah. Selanjutnya, ketika telepon umum, bisnis wartel mulai menjamur demi memudahkan orang-orang yang membutuhkan komunikasi. Lalu munculah teknologi yang dinamakan handphone. Dari yang diawali dengan harga yang sangat mahal, handphone bisa dijangkau oleh semua orang hanya dengan harga ratusan ribu saja.

Kemudian muncul teknologi 3G yang sangat digemborkan karena memberikan banyak kemudahan, khususnya dalam kecepatan internet serta fitur video call. Berlanjut ke teknologi 3.5G hingga 4G, akhirnya pada tahun lalu, mulai muncul 5G. Apa itu 5G? Apa saja keunggulannya? Mulai kapan bisa digunakan di Indonesia? Berikut penjelasannya.

Kemajuan pesat teknologi

Teknologi jaringan 5G adalah salah satu bukti dari inovasi yang terus dilakukan. Tanpa ada rasa bosan sekaligus rasa cukup, teknologi telekomunikasi terus dikembangkan. Pada akhirnya, munculah jaringan 5G. Walau sebenarnya teknologi 4G masih memadai untuk saat ini, kemajuan pesat teknologi membuat semuanya tidak hanya diam di tempat.

Dalam teknologi 5G, sistem kerja yang dipakai pun tetap seperti biasa. Data akan dikirimkan melalui gelombang radio yang terbagi menjadi frekuensi yang memiliki perbedaan masing-masing. Perbedaan ini pun dibagi sesuai dengan tipe komunikasi yang dibutuhkan, contohnya seperti sinyal navigasi maritim, siaran televisi dan yang terakhir sekaligus yang sangat berguna dalam telekomunikasi adalah mobile data.

Walau sudah ada 3G dan 4G, semua gelombang radio itu akan dioptimalkan sesuai dengan teknologi yang digunakan. Tentu saja ketika berbicara mengenai 5G, maka semuanya akan menjadi lebih cepat, tapi apa saja keunggulan dari teknologi 5G yang rencananya akan diresmikan dan dipakai secara masif pada tahun 2020?

Keunggulan

Pada praktiknya, teknologi jaringan 5G masih berupa konsep yang keunggulannya belum terpampang dengan jelas. Tetapi jika melihat lebih dalam lagi dalam konsep 5G, maka bisa disimpulkan beberapa keunggulan dari teknologi ini seperti:

  • Memiliki kecepatan data yang jauh lebih tinggi dibandingkan 4G sehingga membuat penggunanya akan lebih nyaman setelah memakainya.
  • Memiliki kecepatan satu mili per detik untuk transfer data dari satu telepon ke telepon lainnya.
  • Teknologi jaringan 5G memberikan kelebihan yang sulit disamakan teknologi lain yaitu bisa terkoneksi dengan alat lainnya seperti peralatan rumah tangga, telepon dan mobil.

Dengan melihat tiga keunggulan 5G di atas, terlihat jelas bagaimana kecepatan 4G yang sudah terhitung cepat pada saat ini bisa dikalahkan dengan mudah dengan kecepatan 5G. Bahkan menurut prediksi, kecepatan yang dimiliki jaringan 5G bisa mencapai 800 Gbps.

Indonesia menyambut 5G

Indonesia tentunya tidak mau kehilangan kesempatan untuk mencoba jaringan 5G. Bahkan menurut Menkominfo, Indonesia harus segera menyambut 5G. Usaha terbaru yang dilakukan adalah  memakai 4% dana dari total PNBP Kominfo, sebesar Rp 16 triliun, untuk membeli frekuensi 5G. Melihat hal ini, terlihat jelas usaha pemerintah untuk membawa teknologi terbaru ini ke dalam masyarakat yang tentunya sangat membutuhkan inovasi teknologi.

Jika 5G sudah berhasil masuk ke Indonesia dan bisa digunakan oleh masyarakat, maka semua akan berjalan lebih baik lagi daripada yang sebelumnya. Masyarakat semakin melek terhadap teknologi dengan bantuan dari pemerintah juga.

Penulis: 
Dewaweb
Sumber: 
Dewaweb.com