Mengenal Apa itu Teknologi Blockchain?

Blockchain adalah salah satu teknologi yang tidak menggunakan pihak ketiga dalam suatu proses pertukaran data yang dalam hal ini terjadi pada proses transaksi. Sederhananya, jika Anda membeli sesuatu di toko dengan membayar menggunakan kartu debit, maka pihak toko akan percaya saldo yang anda masukkan sudah masuk ke rekening milik mereka. Nah, pihak ketiga yang dimaksud disini adalah perusahaan Bank yang sebagai penghubung pembeli dan penjual tersebut dalam bertransaksi menggunakan kartu debit tadi.

Kira kira, apa yang terjadi jika bank mengalami gangguan pada layanan mereka? Tentunya hal ini membuat anda tidak bisa melakukan transaksi menggunakan bank. Hal ini terjadi saat ada permasalahan pada satelit yang digunakan oleh Bank BCA, hal ini menyebabkan beberapa transaksi atm tidak bisa bekerja dengan baik.

Sistem Blockchain tidak menggunakan pihak ketiga sebagai pusatnya, namun menggunkan banyak pihak atau komputer yang tersebar di jaringan itu sendiri. Hal ini akan membuat orang yang tidak bertanggung jawab menjadi kesulitan melakukan pembobolan pada sistem dan mempunyai gangguan yang kemungkinan kecil akan terjadi.

Bank mencatat semua transaksi financial yang mereka lakukan dalam suatu buku besar. Nah, yang membedakan adalah teknologi Blockchain ini tidak dikelola oleh satu ogranisasi aja, tapi oleh banyak yang disebarkan secara publik. Sehingga hal ini lah yang menjadi kekuatan utama dari Blockchain.

Teknologi Blockchain juga memberikan solusi untuk dapat mengurangi korupsi. Hal ini dikarenakan data transaksi akan langsung ketahuan dikarenakan pihak publik dapat melihat history transaksi secara realtime.

 

Penulis: 
idCloudHost
Sumber: 
idCloudHost