Pencipta "Password" Komputer Tutup Usia

Penggagas password komputer, Fernando "Corby" Corbato dikabarkan tutup usia pada usia 93 tahun. Corbato meninggal pada 12 Juli 2019, di Newburyport, Massachusetts, Amerika Serikat, akibat komplikasi diabetes. Peneliti dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) ini adalah orang yang pertama kali menciptakan konsep password dengan memasukan kata kunci untuk melindungi akun pengguna, saat ia merancang Compatible Time-Sharing System (CTSS).

Sistem ini memungkinkan beberapa orang menggunakan satu komputer di saat yang bersamaan. Password rancangan Corbato menjadi cikal bakal sekuriti digital modern yang kemudian diterapkan secara meluas.  Jasa Corbato tak hanya itu. Model penggunaan bersamaan lewat sistem CTSS memangkas waktu tunggu respon komputer dari berjam-jam menjadi beberapa detik saja. Dia juga merancang berbagai konsep yang kini umum ditemukan di perangkat komputasi modern, seperti sistem file berbasis jenjang hierarki (HFS). Corbato turut dikenal lewat "Corbato's Law", yang mengatakan bahwa para programmer akan menulis jumlah kode yang sama di waktu yang sama, tidak peduli bahasa pemrograman apa yang digunakan

Kendati menemukan password untuk melindungi akun pengguna, Corbato menyadari bahwa sistem ini sekarang menemui kendala kepraktisan karena banyaknya akun online yang mengharuskan login dengan kata kunci. Aneka kata kunci itu idealnya dibuat berbeda antara satu dengan yang lain, lantas semuanya mesti diingat pengguna. Gara-gara ini Corbato sendiri sempat menyebut banyaknya password untuk login itu ibarat sebuah "mimpi buruk". Password juga rentan dicuri dan disalahgunakan sehingga belakangan ada upaya industri untuk menggunakan metode keamanan alternatif, seperti pengenalan identitas berbasis biometrik atau kunci hardware fisik.

Meski demikian, tentu saja, Corbato tetap berjasa atas serangkaian kontribusinya yang menjadi bagian dari pondasi komputasi modern.

 

Penulis: 
Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Sumber: 
Berbagai sumber
Tags: 
Pencipta