Pemulihan Ekonomi Melalui Penyaluran Program Bantuan Klaster Perlindungan Sosial

Pangkalpinang-Diskominfo :

Pemerintah melakukan upaya pemulihan ekonomi nasional melalui penyaluran program perlindungan sosial, yang dibawah program Kementerian Sosial. Program ini telah dimulai sejak Maret 2020 dengan kucuran anggaran sebesar Rp 128,9 triliun.

Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P. Batubara mengatakan, pada klaster ini anggaran yang terserap sudah Rp 112,7 trilium atau 87,44 persen. Program ini diperluas seperti PKH dan BNPT.

"Program baru yang sifatnya khusus menghadapi Covid-19 telah terselenggara dengan baik berkat kerja sama yang baik antar lembaga dan pemerintah daerah," kata Juliari.

Melalui program-program bantuan ini, pemerintah ingin menjamin masyarakat yang termasuk dalam penerima bantuan mendapatkan sesuai dengan peruntukannya. Selain itu, program khusus Covid-19 yang diberikan berupa Bantuan Sosial Sembako Jabodetabek dengan target penerima yakni 1,9 juta KPM dan Bansos Tunai (BST). Dari seluruh program bantuan yang diberikan, anggaran yang sudah terserap rata-rata mencapai 100 persen.

Klaster perlindungan sosial dalam program PEN memang diinstruksikan oleh Presiden, guna menjaga konsumsi nasional dan diharapkan untuk pemuliham ekonomi. Kemudian fokus keduanya yakni mengejar penyerapan bantuan untuk UMKM, karena lebih dari 90 persen UMKM menyerap tenaga kerja dan berkontribusi lebih dari 50 persen PDB Nasional.

Tentu, dengan sederet program bantuan, pemerintah berharap dapat benar dirasakan manfaatnya, terutama bagi yang terdampak Covid-19.

Sumber: 
Kementrian Kominfo
Penulis: 
-
Fotografer: 
-
Editor: 
-

Berita

Caption. (Pemkot Pangkalpinang) Dinas PUPR kerahkan ekskavator mengatasi sedimen dan mengangkat sampah di saluran Linggarjati, untuk menanggulangi genangan, Rabu (27/1/2021)
27/01/2021 | Ira, Reza, Pio
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Mengatasi genangan air saat hujan deras, Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas PUPR mengambil langkah cepat...
Caption. (Coy) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro menerima secara simbolis penyerahan bantuan laptop dan modem dari PT. Indomarco Prismatama (Indomaret) di ruang OR kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (27/1/2021).
27/01/2021 | Coy
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro menerima secara simbolis penyerahan...
Caption. (Reza) Asisten Administrasi Umum hadiri acara wisuda virtual sarjana angkatan VI & VII Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung di Ruang Pertemuan Lantai 2 Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu (27/01/2021). (REZA)
27/01/2021 | Eka
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Asisten Administrasi Umum Setda Kota Pangkalpinang, Erwandy menghadiri undangan wisuda virtual sarjana angkatan VI dan...
Caption. (lambok) Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suryo Subandoro didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sarbini mengikuti webinar dengan tema akses internet mendukung pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di desa, selasa (26/1/2021) bertempat di ruang pertemuan lantai 2 kantor Wali Kota Pangkalpinang.
26/01/2021 | Seftia
  PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Pemerintah Kota Pangkalpinang yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Suryo Subandoro didampingi...
Caption. (lambok) Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam menghadiri dialog Nasional Pra Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2021 secara virtual, di ruang OR kantor wali kota, Senin (25/1/2021).
25/01/2021 | Lambok, Reza
  PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam menghadiri dialog Nasional Pra Musyawarah Nasional VI...

Pages