Kesadaran Masyarakat Akan Kebersihan Kunci Tanggulangi Masalah Banjir

Pangkalpinang-Diskominfo :

Salah satu penyebab banjir yang ada di Kota Pangkalpinang adalah adanya air pasang dimana wilayah yang berada dititik terendah seperti jalan Balai, Gedung nasional, Kampung Bintang otomatis akan terendam air sehingga perlu dilakukan normalisasi sungai Rangkui yang muaranya ke kuala di wilayah Ketapang.

“Yang terjadi di Kota Pangkalpinang ini sebenarnya bukan banjir akan tetapi genangan air akibat daerah yang berada dititik terendah,” ungkap Kepala Dinas PUPR Kota Pangkalpinang, Suparlan Dulaspar saat menjadi narasumber pada kegiatan talkshow, Rabu (6/11/2019) di Radio Eljhon Kota Pangkalpinang.

Menurut Suparlan, untuk mengatasi permasalahan banjir ini perlu adanya drainase yang berfungsi selain sebagai tempat pembuangan air sehingga lahan bisa maksimal digunakan juga untuk mengalirkan kelebihan air di permukaan serta limbah agar tidak terjadi genangan.

“Untuk Kota Pangkalpinang daerah aliran sungainya di Baturusa, sub daerah aliran sungainya Pangkalpinang adalah Selindung dan sub sub daerah aliran sungainya (das) Pedindang.  Sehingga  Kota Pangkalpinang dipengaruhi daerah sekitarnya  yang dilewati sungai Rangkui dan Pedindang,”ungkap Suparlan.

Dalam  rangka mengatasi masalah banjir ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang telah mengambil langkah-langkah dan sebagai prioritas jangka panjangnya akan dibangun sedimen trap. Namun karena hal ini berkaitan dengan pembagian wilayah sehingga perlu adanya kerjasama dengan kabupaten lain mengingat pembangunan sedimen trap berada dihulu sungai.

Sedangkan untuk prioritas jangka pendeknya perlu dilakukan normalisasi sungai setiap tahunnya sebagai upaya memperbaiki kondisi banjir di Kota Pangkalpinang.

Lebih lanjut, Suparlan menyatakan bahwa di Kota Pangkalpinang sendiri ada lebih dari 500 ruas dan lebih dari 1000 m. draisane kumpulan dari beberapa saluran drainase yang ada diperkotaan.

“Drainase ini merupakan tanggungjawab bersama, memang pemerintah memiliki peran utama dalam pembangunan tetapi masyarakat juga memegang peranan penting untuk menjaga dan bertanggungjawab terhadap drainase / saluran yang sudah dibangun oleh pemerintah. Karena pemerintah tidak bisa berdiri sendiri harus diiringi dengan peran serta masyarakat,”paparnya.

Sementara itu, Walikota Pangkalpinang saat ini sangat fokus terhadap masalah banjir, seperti melakukan penambahan truk sampah yang ditempatkan di setiap kelurahan mengingat banyaknya sampah di Kota Pangkalpinang.

“Walikota kita sangat focus terhadap masalah ini, sehingga beliau menambah jumlah truk sampah. Akan tetapi yang terpenting adalah kesadaran dari masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing dan kita melakukan gotong royong setiap hari jumat untuk mengurangi sampah di wilayah Kota Pangkalpinang,”pungkasnya.

Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Nova
Fotografer: 
Heru
Editor: 
Zulfahmi

Berita

Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti Vidio Confrence dengan Wakil Gubernur Riduan Fatah terkait ketersediaan pangan, Rabu (1/4/2020) di ruang Pertemuan Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang
01/04/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti vidio confrence bersama  Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah beserta...
Insert Photo : Apel Gabungan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan virus corona atau covid 19 di Kota Pangkalpinang, Selasa (31/3/2020) di Halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang
31/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Upaya pemerintah pusat untuk memutuskan mata rantai penularan virus corona atau covid-19 semakin gencar mengingat...
Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat terkait pencegahan virus corona dengan para pemuka agama di Kota Pangkalpinang, Kamis (26/3/2020) di Lantai 3 Gedung Tudungsaji Kantor Walikota Pangkalpinang.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19 ditengah masyarakat, Pemerintah Kota Pangkalpinang...
Insert Photo : Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menghadiri rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid 19, Kamis (26/3/2020)bertempat di lantai 2 (dua) Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menggelar rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam...
Insert Photo : Apel Siaga Terkait Penyuluhan Kepada Masyarakat dalam Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pangkalpinang, Senin (23/3/2020) di Halaman Polresta Kota Pangkalpinang
26/03/2020 | Beni
Pangkalpinang-Diskominfo:   Dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang merebak diberbagai daerah di...

Pages