Jembatan Emas

Kategori
Wisata Kota Pangkalpinang
Tahun Data
2019
Sumber Data
diskominfo
Keterangan

Tahukah kamu Jika Di Pulau Bangka ada sebuah Jembatan yang keren bernama Jembatan Emas. Jembatan Emas berada dipantai Pasir Padi dan pantai Air Anyir menghubungkan Kabupaten Bangka dan Kota Pangkal Pinang Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung. Jembatan Emas baru diresmikan pada Februari 2017 lalu oleh Bapak Presiden Jokowi yang pada saat itu juga meresmikan Bandara Depati Amir yang baru.

Mengapa dinamakan Jembatan Emas?

Emas disini bukan terbuat dari emas tetapi nama itu diambil untuk mengenang salah satu tokoh Bapak pembangunan di Bangka yakni Gubernur Eko Maulana Ali-Syamsudin Basari (Disingkat Emas) menjadi Gubernur Babel periode 2007-20012 dan meninggal sebelum jabatanya berakhir. Kini jembatan yang menjadi salah satu icon Pulau Bangka ini sering dikujungi wisatawan yang datang ke Bangka.

Jembatan Emas memiliki Panjang sekitar 785 meter, dengan lebar 23 meter dan membentang di atas aliran Sungai Pangkal Balam, wilayah Ketapang, Pangkal pinang. Jembatan yang konon menghabiskan anggaran dana APBD sekitar Rp 400 miliar ini menjadi salah satu jembatan terunik di Indonesia.

Keunikan ini bisa kita lihat dari fungsinya dimana jembatan ini memakai teknologi bascule yang artinya bisa dibuka tutup saat ada kapal-kapal besar melintas disekitar pelabuhan yang tak jauh dari jembatan emas.

Namun kini masih jarang dibuka karena kapal-kapal yang lewat dipelabuhan masih terbilang kapal kecil.

 

Cover
Publikasi