Hampir Punah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Hadirkan Maestro Campak Dalung

Pangkalpinang-Diskominfo :

Dalam rangka pengembangan, pelestarian dan perlindungan seni dan budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang mengadakan acara Penguatan Materi Kesenian Tradisional Campak Dalung dan Gelar Seni Pangkalpinang Tahun 2020 Rabu (11/11/2020) Di Bangka City Hotel Pangkalpinang.

Acara dengan tema satukan senyum untuk negeri ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir. Suryo Kusbandoro, MM yang mewakili Wali Kota Pangkalpinang.

Hadir sebagai undangan Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, perwakilan forkopimda, sekretaris dewan, beberapa kepala OPD dan Pimpinan Ormas.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pemahaman tentang kesenian tradisional campak dalung yang hampir punah.

Sebagai media pelestarian kesenian tradisional campak dalung pada masyarakat melalui dunia pendidikan dan sebagai ruang apresiasi seni dan budaya daerah di masyarakat di Kota Pangkalpinang.

Suryo Kusbandoro saat membacakan sambutan Walikota mengatakan acara ini merupakan wujud nyata kepedulian masyarakat dan pemerintah untuk melestarikan pembangunan nilai-nilai budaya dalam memperkuat ketahanan nasional.

Pengkajian, pengembangan dan pengaktualisasian seni budaya yang dimiliki merupakan salah satu metode penangkal yang efektif untuk memfilter agar tidak kehilangan identitas diri.

Langkah pelestarian perlu dilakukan agar nilai budaya positif yang diwariskan oleh leluhur tidak luntur dan sinar oleh budaya luar.

Hadir sebagai Narasumber untuk menyampaikan materi tentang kesenian tradisional campak dalung seorang maestro campak dalung Pak Batman yang sudah diapresiasi secara nasional sejak 2010.

Sedangkan untuk peserta acara mengundang kepala sekolah dan guru-guru seni SD dan SMP se-Kota Pangkalpinang.

Hal ini dilakukan karena Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bermaksud ingin memasukkan kesenian tradisional campak dalung dalam kurikulum.

Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Septia | Pio
Fotografer: 
Septia
Editor: 
Zulfahmi

Berita

Caption. (lambok) Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam menghadiri dialog Nasional Pra Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2021 secara virtual, di ruang OR kantor wali kota, Senin (25/1/2021).
25/01/2021 | Lambok, Reza
  PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang Radmida Dawam menghadiri dialog Nasional Pra Musyawarah Nasional VI...
Caption. (reza) Wali Kota Pangkalpinang hadiri acara paparan program/kegiatan Dinas Perumahan dan Permukiman di Ruang Rapat Bappeda dan Litbang, Senin (25/01/2021).
25/01/2021 | Eka
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengikuti paparan program kegiatan yang disampaikan Dinas Perumahan dan Permukiman,...
Caption. (Eka) Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil didampingi Wakil Wali Kota Muhammad Sopian dan Sekda Radmida Dawam memghadiri paparan program kegiatan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang tahun 2021 di ruang rapat Bappeda Litbang, Senin (25/1/2021).
25/01/2021 | Reza, Eka
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil didampingi Wakil Wali Kota Muhammad Sopian dan Sekda Radmida Dawam menghadiri...
Caption.  Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengikuti rapat koordinasi virtual dan silaturahmi antara Dewan Pengurus Pusat Forum Sekretaris Daerah se-Indonesia (Forsesdasi) dengan anggota Forsesdasi tahun 2021, di ruang pertemuan lantai 2 Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Jumat (22/1/2021)
22/01/2021 | Seftia
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Dawam mengikuti rapat koordinasi virtual dan silaturahmi antara Dewan Pengurus Pusat...
Caption.  Sekretaris Bakeuda, Syafarudin
22/01/2021 | Septia
PANGKALPINANG, DISKOMINFO - Pasca perubahan APBD realisasi Pendapatan Daerah Kota Pangkalpinang selama tahun 2020 sebesar Rp 843 milyar dari target...

Pages