Di Babel Terdeteksi Ada 1103 Hot Spot atau Titik Api

Pangkalpinang, diskominfo.

Kota Pangkalpinang saat ini masih berada di puncak musim kemarau. Jika Bangka Belitung masih mendapatkan hujan di musim kemarau itu karena letak geografis Provinsi Babel berada di bawah garis ekuator nol derajat jadi walau berada di musim kemarau masih tetap hujan.

Hal ini diungkapkan oleh Kurniaji, M.Si selaku Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Meterologi Kelas I Depati Amir Bangka Belitung saat menjadi narasumber dalam kegiatan talkshow yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang terkait masalah kabut asap dan musim kemarau di wilayah Kota Pangkalpinang, Selasa (24/9/2019) di Radio Eljhon Kota Pangkalpinang.

Menurut Kurniaji, Untuk hujan beberapa hari di Kota-kota di Bangka Belitung termasuk pangkalpinang, disebabkan karena faktor local antara lain pengaruh angin darat dan angin laut. Selain itu karena saat ini sedang bertiup angin muson tenggara yang membawa hujan, sehingga daerah di Bangka Belitung mendapatkan hujan. Akan tetapi sebenarnya saat ini justru sedang berada di puncak musim kemarau sedangkan musim penghujan itu akan terjadi di bulan desember.

“Saat ini juga Bangka Belitung sudah mengalami kekeringan di beberapa daerah.Untuk itu kami dari UPT BMKG berharap agar masyarakat lebih berhemat dalam menggunakan air,”ujarnya.

Selain itu dari pantauan satelit, wilayah Bangka Belitung sejak bulan juli hingga saat ini terdapat sebanyak 1103 hot spot (titik panas) yang tersebar diseluruh wilayah Bangka Belitung dengan intensitas tertinggi berada di wilayah Bangka selatan, Bangka induk, Bangka barat, Bangka Tengah diikuti Kota Pangkalpinang.

“Kalau di Pangkalpinang sendiri, pemantauan satelit terdeteksi sebanyak 5 hotspot, akan tetapi data dari Damkar di Kota Pangkalpinang telah ada sekitar 100 lebih hotspot. Akan tetapi tidak semua hot spot bisa terdeteksi satelit tergantung dari durasi kebakaran, luas area terjadinya kebakaran serta besarnya api dan dampak yang ditimbulkan,”tuturnya.

Untuk kabut asap yang ada di Kota Pangkalpinang khususnya, sebenarnya berasal dari wilayah Babel dan juga kiriman dari luar Babel, hanya saja kabut asapnya masih dikatakan normal atau belum parah khusus di Kota Pangkalpinang.

“Karena saat ini bertiup angin muson tenggara, kabut asap yang terjadi juga merupakan kiriman dari pulau Kalimantan. Akan tetapi yang terbesar ini berasal dari wilayah Babel, karena masyarakat juga ada yang membuka lahan dengan membakar lahan sehingga menghasilkan kabut asap,”terangnya.

Hingga sekarang pihak stasiun UPT BMKG juga telah berusaha untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai iklim dan kondisi cuaca melalui media social dan menghimbau agar masyarakat untuk selalu waspada terhadap api dan mengurangi pembukaan lahan dengan membakar hutan dan lahan.

Selain itu masyarakat juga diminta agar menghemat dalam penggunaan air karena Pangkalpinang  sedang memasuki puncak musim kemarau dan sudah mengalami kekeringan serta menggunakan masker untuk beraktivitas di luar ruangan, juga perbanyak minum air putih dan menjaga kesehatan.

Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Nova
Fotografer: 
Nova/winda
Editor: 
Zulfahmi

Berita

Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti Vidio Confrence dengan Wakil Gubernur Riduan Fatah terkait ketersediaan pangan, Rabu (1/4/2020) di ruang Pertemuan Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang
01/04/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti vidio confrence bersama  Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah beserta...
Insert Photo : Apel Gabungan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan virus corona atau covid 19 di Kota Pangkalpinang, Selasa (31/3/2020) di Halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang
31/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Upaya pemerintah pusat untuk memutuskan mata rantai penularan virus corona atau covid-19 semakin gencar mengingat...
Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat terkait pencegahan virus corona dengan para pemuka agama di Kota Pangkalpinang, Kamis (26/3/2020) di Lantai 3 Gedung Tudungsaji Kantor Walikota Pangkalpinang.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19 ditengah masyarakat, Pemerintah Kota Pangkalpinang...
Insert Photo : Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menghadiri rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid 19, Kamis (26/3/2020)bertempat di lantai 2 (dua) Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menggelar rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam...
Insert Photo : Apel Siaga Terkait Penyuluhan Kepada Masyarakat dalam Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pangkalpinang, Senin (23/3/2020) di Halaman Polresta Kota Pangkalpinang
26/03/2020 | Beni
Pangkalpinang-Diskominfo:   Dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang merebak diberbagai daerah di...

Pages