BAZNAS RI Kunjungi Kota Pangkalpinang

Pangkalpinang-Diskominfo :

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Republik Indonesia mengunjungi Pemeritah Kota Pangkalpinang dan disambut langsung oleh Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil,Kamis (16/1/2020) di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang.

Ditemui usai acara, Walikota Kota Pangkalpinang Maulan Aklil mengatakan kalau kunjungan kerja ini dalam rangka untuk melakukan pembinaan sekaligus menyelesaikan permasalahan yang ada di Baznas Kota Pangkalpinang.

Menurut wako kalau dirinya belum mengetahui inti permasalahan dari kunjungan Baznas RI terkait permasalahan yang terjadi di Baznas Kota Pangkalpinang dan berharap pemecahannya lewat pembinaan.

Dirinya pun meminta agar Baznas RI segera turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan yang ada ditingkat provinsi dan bisa dibenahi agar kembali mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Sementara itu untuk permasalahan yang terjadi di internal sendiri harus ditangani oleh Baznas Kota Pangkalpinang bersama pemerintah daerah agar kedepannya kepercayaan masyarakat kepada Baznas kota Pangkalpinang akan kembali seperti dahulu.

Ditemui terpisah, Ahmad Hambali selaku kepala biro hokum kelembagaan Baznas RI mengatakan bahwa pihaknya sedang mencari cara untuk mengeluarkan mustahik yang biasanya fakir miskin itu keluar dari kemiskinannya. Seperti  dengan cara mengikut sertakan para mustahik ini ke dalam UMKM sebagai salah satu mitra strategis.

“Dalam setahun ada sekitar 280 ribu orang miskin se-Indonesia yang terentaskan keluar dari kemiskinan dengan dana zakat, hal ini berjalan seiring program pemerintah sebelumnya untuk mengentaskan kemiskinan,”ungkap Ahmad Hambali.

Selain itu, Ahmad Hambali juga menyatakan kalau tujuan dari kedatangan mereka kerumah dinas walikota yaitu selain silaturahmi juga dalam rangka pembinaan Baznas yang berkenaan dengan aturan yang harus ditaati, dan meminta bantuan dari Pemerintah Kota Pangkalpinang  dalam melakukan pembinaan.

Ahmad Hambali juga menyinggung tentang target Baznas pusat terhadap Baznas Kota Pangkalpinang dengan adanya layanan berbasis digital dimana orang sudah dapat membayar zakatnya lewat handphone, dan Kota Pangkalpinang sendiri baru diterapkan dalam tahun ini.

Dengan adanya layanan berbasis digital ini, Baznas propinsi akan lebih mudah untuk berkoordinasi dengan level kota dan kabupaten dan Baznas propinsi pun sudah dapat melakukan pelaporan (SINBA) Sistem Informasi Manajemen Baznas.

 “Itu laporannya juga online dan orang bisa melihat semuanya secara transparan,”ujarnya.

 

Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang
Penulis: 
Ben
Fotografer: 
Heru
Editor: 
Zulfahmi

Berita

Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti Vidio Confrence dengan Wakil Gubernur Riduan Fatah terkait ketersediaan pangan, Rabu (1/4/2020) di ruang Pertemuan Gedung Tudung Saji Kota Pangkalpinang
01/04/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Pemerintah Kota Pangkalpinang mengikuti vidio confrence bersama  Wakil Gubernur Bangka Belitung Abdul Fatah beserta...
Insert Photo : Apel Gabungan untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dalam rangka pencegahan virus corona atau covid 19 di Kota Pangkalpinang, Selasa (31/3/2020) di Halaman Gedung Tudung Saji Kantor Walikota Pangkalpinang
31/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Upaya pemerintah pusat untuk memutuskan mata rantai penularan virus corona atau covid-19 semakin gencar mengingat...
Insert Photo : Pemerintah Kota Pangkalpinang menggelar rapat terkait pencegahan virus corona dengan para pemuka agama di Kota Pangkalpinang, Kamis (26/3/2020) di Lantai 3 Gedung Tudungsaji Kantor Walikota Pangkalpinang.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Dalam rangka memutuskan rantai penyebaran virus corona atau covid-19 ditengah masyarakat, Pemerintah Kota Pangkalpinang...
Insert Photo : Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat menghadiri rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid 19, Kamis (26/3/2020)bertempat di lantai 2 (dua) Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.
30/03/2020 | Pio
Pangkalpinang-Diskominfo: Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menggelar rapat terkait penutupan bandara dan pelabuhan dalam...
Insert Photo : Apel Siaga Terkait Penyuluhan Kepada Masyarakat dalam Pencegahan Virus Corona atau Covid-19 di Kota Pangkalpinang, Senin (23/3/2020) di Halaman Polresta Kota Pangkalpinang
26/03/2020 | Beni
Pangkalpinang-Diskominfo:   Dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau covid-19 yang sedang merebak diberbagai daerah di...

Pages