Ahmad Elfian : Kita Harus Bangga Berbahasa Daerah, Miliki Identitas Sesuai Daerah ”Right to Culture”.

Pangkalpinang-Diskominfo :

“Mari kita membiasakan untuk mengucapkan salam dengan bahasa daerah kita, sesuai dengan himbauan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Ape kabar ikak seperadik?,” ucap Ahmad Elfian dalam sambutannya selaku Ketua Panitia pada lomba Penulisan cerita Rakyat Bangka Belitung, Rabu (1/11/2017) di SUN Hotel Kota Pangkalpinang.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Provinsi kepulauan Bangka Belitung ini telah dilaksanakan sejak bulan September 2017 hingga Oktober 2017 dengan kriteria antara lain cerita rakyat asli Bangka Belitung yang sudah diceritakan secara turun temurun dilingkungan masyarakat Bangka Belitung, belum pernah dipublikasikan dan terdiri atas 10-20 halaman.

Dalam sambutannya Ahmad Elfian  menekankan agar mencintai kebudayaan daerah sendiri.Lomba yang diikuti sebanyak 123 orang peserta dari berbagai kalangan masyarakat ini terlihat begitu meriah, hal ini terbukti dari antusias dan banyaknya peserta yang hadir mengikuti perlombaan tersebut baik muda maupun tua.

Untuk para pemenang pada lomba tersebut akan mendapatkan piagam penghargaan, plakat, dan uang tunai dengan susunan sebagai berikut : Juara harapan 2 : Asal Usul Bukit Tambun Tulang dari Mendo Barat; Juara Harapan 1 : Ketiris dan Kelayang dari Mendo Barat; Juara 3 : Kisah Elang dan Sri Gunting dari Mentok Bangka Barat; Juara 2 : Dayang Keletaen di Sungai Berangen dari Belitung Timur; Juara 1 : Hikayat Bujang Sutik dan Dayang Rinai dari Belitung Timur.(Nova)

Penulis: 
Nova
Sumber: 
Diskominfo Kota Pangkalpinang